Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Maluku Barat Daya Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tingkatkan Cakupan Booster

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 04 Juli 2022 - 22:51 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Prof. Wiku Adisasmito menegaskan pentingnya peningkatan cakupan vaksinasi booster.

Mengingat vaksin Covid-19 sama pentingnya protokol kesehatan, karena vaksin akan melindungi masyarakat secara menyeluruh dengan meningkatkan kekebalan komunitas.

“Sayangnya cakupan vaksin booster masih belum signifikan peningkatannya. Untuk itu partisipasi masyarakat dan ketegasan pemerintah daerah sangat diharapkan untuk kembali menggalakkan vaksinasi dosis booster meningkatkan cakupan booster secara nasional,” katanya.

Pemerintah daerah harus memastikan masyarakat teredukasi dengan baik tentang pentingnya vaksin dosis booster.

Dalam pelaksanaannya pemerintah daerah juga dimohon berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan mengenai ketersediaan dan distribusi vaksin sesuai kebutuhan.

“Saat ini vaksin booster sudah menjadi syarat wajib bagi peserta untuk menyelenggarakan kegiatan masyarakat berskala besar. Kedepannya juga akan segera menjadi persyaratan juga untuk dapat memasuki fasilitas publik. Untuk itu mohon segera melakukan vaksin booster dan ajak seluruh keluarga dan kerabat untuk segera melakukannya,” tegas Wiku.

Sejak dimulai pada Januari 2022, progres vaksinasi booster terbilang lebih lambat dibandingkan dengan dosis 1 dan dosis 2. Data menunjukkan cakupan nasional vaksin booster baru sebesar 24 persen.

Kalteng termasuk dalam 28 dari 34 provinsi dengan cakupan booster di bawah 30 persen, yakni diangka 22,88 persen.

Berdasarkan data yang dirilis Satgas Penanganan Covid-19 Kalteng, 4 Juni 2022 kasus konfirmasi Covid-19 bertambah tiga kasus dan di antaranya Barito Timur dua kasus dan Palangka Raya satu kasus.

Pasien sembuh bertambah 10 orang, yakni Palangka Raya 8 orang, Barito Timur 1 orang dan Barito Utara 1 orang. Sedangkan jumlah pasien meninggal bertambah 1 orang dari Barito Timur. (HERMAWAN DP/B-11)

Berita Terbaru