Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Palangka Raya Diajak Rayakan Iduladha Tanpa Sampah Plastik

  • Oleh Hendri
  • 04 Juli 2022 - 23:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Dinas Lingkungan Hidup Palangka Raya, Achmad Zaini mengajak masyarakat merayakan Iduladha tanpa sampah plastik. Hal ini untuk mencegah kerusakan lingkungan dan timbulan sampah plastik yang sulit terurai.

"Sebagai alternatifnya warga bisa menerima daging kurban dengan menggunakan wadah makanan, besek bambu, besek daun kelapa, besek daun pandan, daun jati dan daun pisang," katanya, Senin 4 Juli 2022.

Selain itu masyarakat Kalimantan Tengah juga bisa menggunakan tas dari anyaman rotan dan anyaman purun yang diproduksi pelaku usaha mikro kecil dan menengah atau UMKM. Dengan begitu, sampah dapat dikurangi dan produk UMKM ikut laris.

Sebelumnya telah diterbitkan edaran tentang pelaksanaan Hari Raya Iduladha tanpa sampah plastik. Edaran ini menindaklanjuti surat Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor SE.4/MENLHK/PSLB3/PLB.2/6/2022.

"Melalui edaran itu kami harap panitia kurban dan masyarakat dapat bersama-sama berkomitmen untuk tidak menggunakan kantong plastik sekali pakai," tuturnya.

Hal ini mengingat kantong plastik khususnya yang warna hitam merupakan hasil olahan limbah yang tidak diketahui asal-usulnya. Bisa saja dari bekas wadah pestisida, limbah rumah sakit, limbah logam berat yang sangat berbahaya apabila digunakan sebagai pembungkus makanan. (HENDRI/B-11)

Berita Terbaru