Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Toraja Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Orangutan Curi Alpukat Milik Warga Sampit

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 05 Juli 2022 - 09:31 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Warga, pemilik kebun buah di Jalan Jenderal Sudirman, kilometer 30, Sampit, Kotawaringin Timur, melaporkan keberadaan tiga individu orangutan. Orangutan tersebut dilaporkan mencuri dan memakan buah alpukat yang masih muda. 

Keberadaan orangutan itu dilaporkan oleh Yandi, pemilik kebun buah. Orangutan tersebut berada di areal kebun itu tiga hari yang lalu. "Merusak dan memakan buah alpukat yang masih muda," ungkap Yandi, Senin, 4 Juli 2022. 

Gangguan orangutan itu pun dilaporkan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA). Mendapat laporan ini pihak BKSDA Pos Jaga Sampit, langsung mengobservasi ke lokasi kemunculan orangutan. 

" Dengan ditemani pelapor, kami mencari ke areal kebun yang masih terdapat hutan. Namun orangutan tidak ditemukan.Sampai sore hari  pukul 16.20 kami menunggu di lokasi orangutan sering terlihat sering terlihat pelapor, hasilnya orangutan tidak juga terlihat," jelas Komandan BKSDA Pos Jaga Sampit, Muriansyah. 

Lokasi kemunculan orangutan merupakan kebun buah, yakni alpukat, durian, jambu aur, jambu biji. Sementara tak jauh dari kebun terdapat dua titik kawasan yang berupa hutan dan semak belukar. 

"Kami menemukan dua sarang kelas 2 yang berada di tepi hutan," katanya. Dijelaskannya lokasi kemunculan orangutan mudah diakses dan bisa dilalui kendaraan roda empat. Masuk sekitar 500 meter dari tepi jalan raya. 

Petugas pun mengarahkan pelapor dan warga sekitar ahar melaporkan bila orangutan kembali muncul. Selain itu juga mengimbau agar tak menangkap, mendekati apalagi melukai orangutan. (USAY NOR RAHMAD/B-6)

Berita Terbaru