Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kelapa Sawit Sumber Devisa Ekspor Terbesar di 2021

  • Oleh Testi Priscilla
  • 05 Juli 2022 - 09:46 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kelapa sawit merupakan sumber devisa ekspor terbesar bagi Indonesia. Ketua Bidang Komunikasi GAPKI, Tofan Mahdi dalam gelar wicara Generasi Sawit bertajuk Sawit Komoditas Ekspor Strategis dan Peluang Startup dalam Ekspor Sawit dan Turunannya di Jakarta Pusat pada pekan lalu.

"Terbukti dalam kondisi pandemi Covid-19 di tahun 2021, data GAPKI mencatat, komoditas sawit mampu menyumbangkan devisa ekspor senilai US$35 miliar atau lebih dari Rp500 triliun," kata Tofan dalam rilisnya, Selasa, 5 Juli 2022.

Kembali terbukanya keran ekspor sawit menjadi peluang bagi pelaku usaha skala besar, UMKM, petani, bahkan generasi muda untuk melakukan ekspor sawit dan produk turunannya.

"Perlu di highlight bahwa potensi ekspor kelapa sawit tidak hanya terbuka untuk produk utama komoditas tersebut yang berupa minyak, tetapi sangat luas dalam bentuk produk turunannya," jelasnya.

Bahkan menariknya limbah kering yang berupa tandan kosong kelapa sawit dan cangkang atau bungkil sawit serta limbah cair kelapa sawit memiliki nilai guna dan ekonomis yang sangat tinggi.

"Dulu, ekspor memang hanya bisa dijajaki oleh perusahaan besar. Tapi dengan digital, teman-teman start-up bisa punya peluang yang sama untuk mengakses pasar global," ujarnya lagi. (TESTI PRISCILLA/B-6)

Berita Terbaru