Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Semarang Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Untuk Memulai Ekspor, Pelaku Usaha Perlu Usaha Lebih

  • Oleh Testi Priscilla
  • 05 Juli 2022 - 13:31 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - CEO and Founder ekspor.id, Choirul Amin mengatakan untuk memulai melakukan aktivitas ekspor, para pelaku usaha memang memerlukan usaha lebih besar dan lebih susah.

"Harus kita akui memang bahwa dalam memulai ekspor, di awal memang membutuhkan usaha lebih terkait pengurusan legalitas dan persyaratan lain yang harus dipenuhi," kata Amin dalam rilisnya kepada Borneonews, Selasa, 5 Juli 2022.

Hal ini juga telah disampaikan Amin saat menjadi salah seorang narasumber pada kegiatan gelar wicara Generasi Sawit bertajuk Sawit Komoditas Ekspor Strategis dan Peluang Startup dalam Ekspor Sawit dan Turunannya di Jakarta Pusat pekan lalu.

"Namun, ketika sudah melakukan ekspor dengan legalitas dan persyaratan yang sudah dipenuhi sebelumnya maka hanya tinggal melakukan promosi untuk melakukan kegiatan ekspor selanjutnya," tutur Amin lagi.

Sementara itu, Ketua Bidang Komunikasi Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia atau GAPKI, Tofan Mahdi dalam kegiatan yang sama menyarankan agar para pelaku perusahaan rintisan untuk menyasar akses pasar kecil, yakni negara-negara yang membutuhkan pasokan produk sawit namun belum terjangkau oleh swasta dan pemerintah.

"Cari peluang-peluang yang mikro atau individual, itu belum tergarap. Kalau perusahaan besar tidak bisa masuk ke situ, mestinya teman-teman skala UMKM bisa masuk," katanya. (TESTI PRISCILLA/B-6)

Berita Terbaru