Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Grobongan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Terbukanya Keran Ekspor Sawit Juga Buka Peluang Bagi Produk Turunannya

  • Oleh Testi Priscilla
  • 05 Juli 2022 - 15:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Bidang Komunikasi Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia atau GAPKI, Tofan Mahdi mengatakan kembali terbukanya keran ekspor sawit menjadi peluang bagi pelaku usaha untuk melakukan ekspor. Tidak hanya pengusaha perkebunan kelapa sawit, tetapi juga berlaku pada produk turunannya.

"Terbukanya keran ekspor ini bagi pelaku usaha skala besar, UMKM, petani, bahkan generasi muda untuk melakukan ekspor sawit dan produk turunannya kembali terbuka," kata Tofan dalam rilisnya kepada Borneonews, Selasa, 5 Juli 2022.

"Perlu dihighlight bahwa potensi ekspor kelapa sawit tidak hanya terbuka untuk produk utama komoditas tersebut yang berupa minyak, tetapi sangat luas dalam bentuk produk turunannya," jelasnya.

Bahkan menariknya limbah kering yang berupa tandan kosong kelapa sawit dan cangkang atau bungkil sawit serta limbah cair kelapa sawit memiliki nilai guna dan ekonomis yang sangat tinggi.

"Dulu, ekspor memang hanya bisa dijajaki oleh perusahaan besar. Tapi dengan digital, teman-teman startup bisa punya peluang yang sama untuk mengakses pasar global," ujar Tofan Mahdi lagi. (TESTI PRISCILLA/B-6)

Berita Terbaru