Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Humbang Hasundutan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Rutan Tamiang Layang Lakukan Skrining Tuberkulosis ke Warga Binaan

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 05 Juli 2022 - 19:30 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Rutan Kelas IIB Tamiang Layang bekerja sama dengan Badan Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit atau BBTKLPP dan Dinas Kesehatan Barito Timur melalui Puskemas Tamiang Layang, melakukan skrining tuberkulosis atau TB kepada warga binaan Rutan, Selasa, 5 Juli 2022.

"Skrining TB ini untuk mengkaji penemuan kasus baru dalam pemantauan pengobatan TB," ungkap Kepala Rutan Tamiang Layang Surya Dharma saat diwawancarai di sela kegiatan.

Skrining TB dilakasanakan sesuai surat dari Dinas Kesehatan Barito Timur Nomor : 443.2.24/949/P2P/DINKES Tanggal 21 Juni 2022 tentang Penemuan Kasus Baru dan Pemantauan Pengobatan TB di Tempat Khusus serta menindak lanjuti surat dari BBTKL Nomor: SR.01.06/4.2/0857/2022 perihal Pelaksanaan Kajian Penemuan Kasus Baru dan Pemantauan Pengobatan TB di Tempat Khusus seperti pondok pesantren dan Rutan.

Tuberkulosis atau TB adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri menular dan berpotensi serius terutama mempengaruhi paru-paru sehingga harus dilakukan penanganan yang serius terutama pada Rutan dan lembaga pemasyarakatan atau Lapas.

"Karena penyakit ini begitu ada yang terindikasi akan begitu cepat penularannya," jelas Surya Dharma.

Dia menambahkan, Skrining TB dilakukan kepada semua warga binaan yang berjumlah 202 orang. "Saya mengucapkan terima kasih terhadap pihak yang terkait dalam  pelaksanaan kegiatan ini, kegiatan ini sangat bernilai besar bagi kami dalam mengetahui taraf kesehatan warga binaan terutama pada kasus penyakit menular TB yang sangat berbahaya ini," tandasnya. (BOLE MALO/B-7) 

Berita Terbaru