Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bone Bolango Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Palangka Raya Harus Benar Jadi Ibukota Bumi Pancasila

  • Oleh Testi Priscilla
  • 06 Juli 2022 - 09:31 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah atau Bapemperda DPRD Kota Palangka Raya, Vina Panduwinata mengatakan Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi bangsa sudah sepantasnya mendapat perlindungan khusus di Bumi Pancasila ini.

"Alasan utama kita ingin membuat Raperda tentang pendidikan Pancasila dan kebangsaan yang diinisiasi oleh DPRD Palangka Raya ialah karena Kota Palangka Raya merupakan bagian dari Provinsi Kalimantan Tengah yang mendapat julukkan Bumi Tambun Bungai Bumi Pancasila. Maka sudah sepantasnya kita memiliki Perda tersebut," kata Vina, Selasa 5 Juli 2022.

Pancasila sebagai dasar negara tentu perlu diajarkan kepada generasi muda melalui pendidikan Pancasila dan Kebangsaan.

"Kita tahu bahwa Pancasila sebagai dasar negara, ideologi bangsa dan falsafah hidup berbangsa dan bernegara, menjadi tanggung jawab negara termasuk pemerintah daerah untuk membuat perlindungan khusus," tutur politisi PDI Perjuangan ini.

Karenanya melalui raperda tentang pendidikan Pancasila dan kebangsaan itu setidaknya dapat mendorong dan mengajak masyarakat untuk melestarikan dalam kehidupan bermasyarakat.

"Harus disadari bahwa seiring perkembangan zaman saat ini, maka ada kecenderungan nilai-nilai Pancasila mulai luntur. Maka itu diperlukan wawasan kebangsaan untuk meningkatkan pengamalan Pancasila, membina kerukunan dan toleransi bermasyarakat majemuk yang terdiri dari berbagai macam suku, ras agama dan adat istiadat," tuturnya lagi. (TESTI PRISCILLA/B-6)

Berita Terbaru