Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Kesehatan Pulang Pisau Diminta Promosikan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

  • Oleh Asprianta
  • 06 Juli 2022 - 21:50 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Bupati Pulang Pisau Pudjirustaty Narang mengungkapkan, situasi Covid-19 di Kabupaten Pulang Pisau saat ini berada pada level II. Dengan jumlah total kasus positif sebanyak 1.556 orang dan angka kesembuhan 94,56 persen.

Sedangkan cakupan vaksinasi Covid-19 dosis 1 telah mencapai 98,70 persen, dosis 2 sebesar 78,36 persen dan dosis tiga booster 13,79 persen.

“Saya harapkan ASN dan TKHL beserta seluruh keluarga yang belum vaksin, baik vaksin dosis 1,2 maupun booster agar segera mendapat vaksinasi pada fasilitas kesehatan terdekat,” ucap bupati perempuan pertama di Pulpis.

Taty sapaan akrab Bupati Pulpis itunjuga meminta ASN dan TKHL mengajak masyarakat yang belum mendapat vaksinasi untuk segera vaksinasi.

“Mari kita bersama-sama menyukseskan Gerakan vaksinasi. Agar target vaksinasi di Kabupaten Pulang Pisau tercapai,” harapnya.

Saat itu bupati juga meminta secara khusus kepada Dinas Kesehatan (Dinkes) untuk terus mempromosikan dan mensosialisasikan protokol kesehatan dan menggaungkan terus perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) bagi masyarakat Kabupaten Pulang Pisau.

“Karena saat ini, selain Covid-19 di media massa ramai berita tentang hepatitis akut. Segera lakukan langkahlangkah antisipasi,” pintanya.

Sebelumnya, pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pulang Pisau dr H Bawa Budi Raharja mengingatkan masyarakat Kabupaten Pulang Pisau terkait pentingnya menerapkan PHBS dengan mencuci tangan sebelum makan atau minum untuk mengantisipasi kasus Hepatitis A.

“Kita harus waspada, namun jangan cemas. Yang terpenting adalah menjaga stamina dan jangan stres,” ungkap Bawa.

Bawa menjelaskan, penularan virus Hepatitis A tidak bisa dengan cara terbang.

Penularan dengan cara kotak langsung. Yakni bersentuhan, makanan dan minuman. Untuk itu penerapan PHBS sangat penting.

Ia menjelaskan, gejala Hepatitis A yang dialami yakni, mual, demam, kelelahan, nyeri perut, hilang nafsu makan dan nyeri sendi.

“Jika mengalami atau menemukan gejala itu pada keluarga, segera lakukan pemeriksaan ke pelayanan kesehatan terdekat,” imbau Bawa.

Berita Terbaru