Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Maros Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Varian Baru Omicron Masih Bisa Ditekan

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 06 Juli 2022 - 23:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Merebaknya Subvarian baru Omicron yakni BA.4 dan BA.5 memang mengkhawatirkan. Apalagi subvarian tersebut telah digolongkan dalam variant of concern (VoC) oleh badan kesehatan dunia (WHO), namun penyebaran varian tersebut masih bisa ditekan.

Ketua Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia (PAEI) Kalimantan Tengah, Rini Fortina mengatakan untuk dapat menekan penyebaran varian baru diperlukan kerja sama dan kepatuhan atas protokol kesehatan khususnya memakai masker dan aktif mengikuti vaksinasi booster.

“Saat ini protokol kesehatan terlalu longgar pasca adanya larangan membuka masker di luar ruangan. Semakin rendah tingkat kepatuhan masyarakat pakai masker apalagi di keramaian, maka tanda dan gejala epidemiologis dari varian baru ini menjadi semakin besar,” katanya.

Masyarakat diharapkan untuk waspada terhadap Subvarian Omicron tersebut. Sebab subvarian ini memiliki ciri, yakni adanya perpaduan dari sifat Delta dan Omicron.

Berdasarkan data yang dirilis Satgas Penanganan Covid-19 Kalteng, Rabu 6 Juli 2022 kasus konfirmasi Covid-19 bertambah 11 kasus dan di antaranya Palangka Raya 9 kasus, Kapuas 1 kasus, dan Gunung Mas 1 kasus.

Pasien sembuh tidak mengalami penambahan, sedangkan jumlah pasien meninggal juga tidak mengalami penambahan. (HERMAWAN DP/B-11)

Berita Terbaru