Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tanjung Jabung Barat Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Vaksin PMK Harus Dibooster 6 Bulan Sekali

  • Oleh Testi Priscilla
  • 07 Juli 2022 - 01:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia atau PDHI Provinsi Kalimantan Tengah, drh Eko Hari Yuwono mengatakan pemberian vaksin Penyakit Mulut dan Kuku atau PMK pada hewan berkuku belah harus dibooster setiap 6 bulan sekali.

"Vaksin PMK itu 6 bulan harus diulangi, dibooster lagi. Tetapi kan jumlah vaksin kita terbatas dan ini menjadi kesulitan juga bagi dinas," kata drh Eko, Rabu, 6 Juli 2022.

Sebenarnya walaupun sudah terjangkit virus PMK pun ternak yang diberikan vaksin akan sembuh dengan sendirinya hanya dalam waktu 2 Minggu.

"Solusi kalau sudah kena PMK itu divaksin. Kemungkinan sembuh masih tinggi, masih 90 persen. Dalam waktu 2 minggu sudah sehat," jelasnya.

Tapi karena keterbatasan jumlah vaksin saat ini, lanjut Kepala Puskeswan Kota Palangka Raya ini, pihaknya harus menentukan skala prioritas terhadap pemberian vaksin PMK ini.

"Karena dalam waktu 2 minggu sudah sehat, maka yang diutamakan mendapat vaksin adalah ternak sapi betina karena yang jantan kan sebentar lagi akan menjadi hewan kurban di idul adha," tuturnya lagi. (TESTI PRISCILLA/B-11)

Berita Terbaru