Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Klaten Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perdagangan Bebas, Negara Hanya Bisa Tolak Produk Luar dengan Alasan Penyakit

  • Oleh Testi Priscilla
  • 07 Juli 2022 - 02:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia atau PDHI Provinsi Kalimantan Tengah, drh Eko Hari Yuwono mengatakan di era perdagangan bebas ini suatu negara tidak bisa membatasi siapapun untuk memasukkan produk untuk dijual di negaranya, kecuali dengan alasan penyakit.

"Sekarang Malaysia sudah menolak produk susu kita dengan alasan Penyakit Mulut dan Kuku atau PMK. Perdagangan bebas ini kan tidak bisa membatasi produk masuk dari luar negeri kecuali dengan alasan penyakit," katanya, Rabu 6 Juli 2022.

Inilah yang menurut drh Eko menjadi salah satu kekurangan Indonesia, yakni meremehkan suatu penyakit yang tidak menular kepada manusia alias zoonosis, hanya menular kepada sesama hewan.

"Inilah kekurangan negara kita, penyakit yang tidak zoonosis itu tidak dianggap penting karena tidak menular ke manusia. Padahal ini sangat merugikan sektor perekonomian, ketahanan pangan kita terganggu, ekspor juga ditolak negara lain," tegas Kepala UPT Pusat Kesehatan Hewan atau Puskeswan Kota Palangka Raya ini.

Hal ini menurutnya terbukti dengan tidak sebandingnya jumlah vaksin yang disediakan dengan jumlah ternak yang ada di suatu daerah.

"Sekarang ini yang sangat diperlukan untuk menangkal PMK ini ialah vaksin. Namun vaksin yang saat ini sangat diperlukan untuk puluhan ribu ternak di daerah kita itu, kita hanya mendapatkan vaksin tidak sampai 20 persennya dari jumlah ternak terutama sapi," sesalnya. (TESTI PRISCILLA/B-11)

Berita Terbaru