Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Vaksinasi PMK di Kotim Tahap Pertama Sudah 100 Persen

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 07 Juli 2022 - 08:21 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Target vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Kotawaringin Timur untuk tahap pertama sudah mencapai target 500 dosis. 

"Dari kuota 500 dosis sudah 100 persen disalurkan," kata Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dinas Pertanian Kotim, drh Endrayatno, Rabu, 6 Juli 2022. 

Untuk tahap pertama vaksinasi ini pihaknya mendapat pasokan sebanyak 500 vaksin untuk 500 sapi sehat. Vaksinasi telah dilakukan sejak 27 Juni 2022. 

Sementara vaksinasi dilaksanakan bertahap yakni sebanyak 3 tahap. Jadi, untuk jumlah vaksin yang diperlukan adalah sebanyak 1.800 vaksin. 

"Untuk vaksin tahap 1 menuju tahap 2 rentang waktunya sekitar 1 bulan. Kemudian, setelah tahap 2 menuju tahap 3 membutuhkan waktu sekitar 6 bulan," kata Endrayatno. 

Selanjutnya, dinas pertanian akan mengidentifikasi lokasi mana saja yang memerlukan vaksinasi. Ia berharap alokasi vaksin yang diterima dari pusat lancar, sehingga pelaksanaan vaksinasi dalam rangka mencegah PMK ini dapat berjalan dengan baik. 

Vaksinasi ini diperuntukan bagi sapi yang sehat atau bebas dari PMK. Bukan untuk sapi yang terinfeksi PMK. "Karena tujuan dari vaksin ini ialah untuk mencegah PMK, bukan untuk menyembuhkan," katanya. 

Selain itu, sapi yang dalam kondisi tertentu, seperti bunting atau habis dilakukan Inseminasi Buatan (IB) atau kawin suntik juga tidak dibolehkan untuk vaksinasi. (USAY NOR RAHMAD/B-6)

Berita Terbaru