Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Pekalongan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Menjelang Iduladha, Harga Bawang Merah di Sampit Capai Rp 70 Ribu per Kg

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 07 Juli 2022 - 10:31 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Harga kebutuhan pokok di Sampit, Kotawaringin Timur, meroket selama sepekan menjelang Iduladha ini. Salah satunya bawang merah, saat ini harganya mencapai Rp 70 ribu per kilo gram. 

"Harga bawang yang semula hanya berkisar Rp 35 sampai Rp 38 ribu per kilo gram, saat ini sudah menjadi Rp 70 ribu per kilo gram," ungkap Resa, ibu rumah tangga di Sampit, Kamis, 7 Juli 2022.

Kenaikan harga ini terjadi merata di semua pasar tradisional di Kota Sampit. Kenaikan harga memang tak mendadak namun perlahan-lahan. 

"Harga Rp 50 ribu per kilo gram hingga mencapai harga tertingginya pada empat hari sebelum lebaran ini," kata Yasmin, pedagang di salah satu pasar tradisional di Sampit. 

Diakuinya kenaikan harga bawang merah memang sudah terjadi sejak bulan Mei lalu. Namun harga tertinggi yakni Rp 70 ribu per kilo gram ini, baru sekitaran sepekan terakhir. 

"Sementara untuk harga bawang putih masih standar yakni Rp 25 hingga Rp 30 per kilo gram," tandasnya. 

Kenaikan harga bahan kebutuhan pokok ini lumrah terjadi menjelang hari besar seperti Iduladha ini. Namun kenaikan kali ini dirasa cukup tinggi dan hampir terjadi di semua komoditas.(USAY NOR RAHMAD/B-6)

Berita Terbaru