Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Demak Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gotong Royong Merupakan Jati Diri dan Karakter Bangsa

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 07 Juli 2022 - 12:21 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Setelah beberapa tahun belakangan ini tidak dilaksanakan akibat pandemi covid-19, akhirnya Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) dan peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK kembali digelar.

Di 2022, BBGRM XIX dan HKG PKK Ke 50 tingkat Kecamatan Bulik dipusatkan di Desa Bukit Indah. Kegiatan dibuka secara resmi oleh Bupati Lamandau Hendra Lesmana.

Kegiatan BBGRM dapat mendorong dan meningkatkan kepedulian dan peran aktif masyarakat untuk terus membudayakan serta melestarikan semangat gotong royong.

"Sebab ini merupakan jati diri, karakter, dan ciri khas masyarakat Indonesia. Ini harus kita lestarikan secara terus menerus," ujarnya di Desa Bukit Indah, Kamis 7 Juli 2022.

Kegiatan seperti ini lanjutnya, tidak hanya sekedar rutinitas tahunan saja. Sebab kegiatan tersebut memiliki efek positif, dan manfaat bagi penguatan integrasi sosial, dalam pelaksanaan pembangunan. 

Selain itu kegiatan ini juga dapat meningkatkan rasa dan tanggung jawab, terhadap hasil pembangunan yang telah dicapai.

"Kegiatan ini juga menjadi ajang silahturahmi bagi kita. Sebab jika sinergisitas antara pemerintah dan masyarakat terjalin dengan baik, saya yakin semua permasalahan bisa kita hadapi, serta bisa dipecahkan secara bersama-sama," ujarnya.

Sebagai kepala daerah dia berharap melalui kegiatan itu, masyarakat Kabupaten Lamandau bisa membangun jati diri, keluarga, lingkungan, serta daerahnya masing-masing, dalam rangka menuju "Lamandau Juara".

"Saya juga berpesan, bahwa gotong royong bukan hanya sekedar slogan. Namun harus kita buktikan dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Budaya gotong royong harus kita wujudkan dalam sebuah tindakan nyata," imbuhnya.

Sementara, Camat Bulik, Mul'Atmidy mengatakan, kegiatan yang merupakan agenda tahunan ini tidak hanya dilaksanakan di Desa Bukit Indah saja tetapi diseluruh desa se Kecamatan Bulik.

"BBGRM ini dapat terlaksana dengan baik karena sinergi antara kecamatan dan desa, bahu membahu untuk gotong royong," tandasnya. (HENDI NURFALAH/B-6)

Berita Terbaru