Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Solok Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Apresiasi Kebijakan Pemutihan Denda Pajak Kendaraan Bermotor

  • Oleh Donny Damara
  • 07 Juli 2022 - 13:11 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Ketua Komisi I DPRD Kalteng, Kuwu Senilawati mengapresiasi kebijakan pemutihan denda pajak kendaraan bermotor oleh Pemprov Kalteng melalui instansi terkait.

Didalam pelaksanaannya pemutihan denda pajak kendaraan bermotor tersebut tidak hanya berlaku pada kendaraan pribadi masyarakat saja, namun juga berlaku terhadap kendaraan plat merah atau dinas yang turut menunggak pajak.

"Kebijakan itu sangat bagus dan patut kita apresiasi, mengingat selama ini tidak hanya kendaraan pribadi masyarakat saja yang banyak menunggak pajak, tapi juga kendaraan dinas," ucapnya, Kamis, 7 Juli 2022.

Diberlakukannya kebijakan itu tentu turut mendorong masyarakat serta kendaraan dinas atau instansi untuk membayar pajak kendaraan yang selama ini belum dibayarkan, sehingga akan berdampak pada pendapatan daerah.

"Harapan kita kesempatan itu bisa dimanfaatkan sebaik-sebaiknya oleh masyarakat dan instansi untuk membayar pajak, karena jangka waktu pemutihan itu hanya diberikan selama tiga bulan," ujarnya.

Dia juga menyarankan dalam rangka untuk membantu masyarakat dan meningkatkan PAD, kebijakan pemutihan pajak kendaraan bermotor ini supaya dapat menjadi program rutin yang dijalankan oleh pemerintah.

Pasalnya, dengan adanya program seperti itu pastinya akan berdampak pada banyaknya masyarakat yang membayar pajak kendaraannya yang telat dibayarakan, sehingga dampak lainnya juga akan didapatkan daerah dari segi peningkatan PAD.

"Selain itu kemudahan lainnya juga supaya dapat dilakukan agar masyarakat bisa terus taat dalam membayar pajak, terutama di samsat. Kapan perlu untuk memudahkan masyarakat membayar pajak harus ada aksi seperti jemput bola," tukasnya. (DONNY D/B-6)

Berita Terbaru