Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Balikpapan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Komisi A DPRD Palangka Raya Dorong Perpustakaan Terus Berbenah

  • Oleh Hendri
  • 08 Juli 2022 - 15:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Komisi A Bidang Pemerintahan dan Keuangan DPRD Kota Palangka Raya telah melaksanakan kunjungan kerja dalam daerah ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip).

Anggota Komisi A, Shopie Ariany mengatakan tujuan kedatangan pihaknya itu melihat secara langsung sistem kerja dan layanan publik yang berada di Dispersip, termasuk memantau langsung keberadaan Depo Arsip yang belum lama ini dijalankan.

"Komisi A menyampaikan apresiasi atas pelayanan yang telah disajikan oleh Dispersip, termasuk disediakannya fasilitas baca untuk meningkatkan minat baca masyarakat, maupun Depo Arsip. Semua sudah bagus walaupun dengan beberapa catatan yang menurut kami harus segera dibenahi," kata Shopie, Jumat 8 Juli 2022.

Keberadaan antara kearsipan dan perpustakaan merupakan satu kesatuan yang tak terpisahkan. Saat ini, perpustakaan dan kearsipan ada pada Grade C sehingga untuk menaikannya ke Grade B diperlukan dukungan sarana dan prasarana (Sarpras).

"Dalam kunjungan, ternyata masih ada begitu banyak kekurangan yang dimiliki oleh Depo Arsip milik Dispersip," ujarnya.

Politisi Partai Perindo ini mengungkapkan, beberapa kekurangan yang ada dan sangat vital untuk segera dibenahi ialah atap dan plafon ruangan banyak yang bocor, ketiadaan rak arsip, ruangan yang tak memiliki pendingin, komputer hingga printer.

"Arsip-arsip yang ada sementara diletakan dilantai, sedangkan atap disini bocor sehingga arsip-arsip akan sangat rawan rusak. Juga disini belum memiliki petugas keamanan dan kebersihan," ungkapnya.

"Keperluan ini kami rasa sangat urgent dan penting untuk diperhatikan serta melengkapi sarpras yang ada di Depo Arsip. Selain meningkatkan grade, juga menjamin ketersediaan layanan perpustakaan dan kearsipan yang terbaik bagi masyarakat," pungkasnya. (HENDRI/B-5)

Berita Terbaru