Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tuban Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Permintaan Pemotongan Hewan Kurban di RPH Kalampangan Menurun

  • Oleh Hendri
  • 10 Juli 2022 - 14:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Permintaan pemotongan hewan kurban di Rumah Potong Hewan (RPH) tepatnya di Jalan Sudirman, Kelurahan Kalampangan, Kecamatan Sabangau tahun ini mengalami penurunan.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) RPH, Ganjar Priyatno mengungkapkan hanya ada 100 hewan kurban yang diterima untuk dipotong pada iduladha 1443 H tahun ini, sedangkan tahun lalu ada 140 ekor.

“Dibandingkan dengan tahun lalu waktu Iduladha dan hari tasyrik ada 140 ekor, kalau sekarang ini, data kita baru sekitar 100 ekor saja. Artinya mengalami penurunan,” katanya, Minggu 10 Juli 2022.

Dirinya mengakui pada waktu Iduladha tahun lalu pembagian waktu penyembelihan hewan kurban di RPH terbagi merata setiap hari pada Iduladha dan hari tasyrik. Hari tasyrik yakni tiga hari setelah Iduladha.

“Kalau tahun ini hanya tiga hari, jadi hari minggu paling banyak, hari senin itu lumayan, hari selasa sudah mulai sedikit. Sekarang numpuk di satu hari, yaitu hari Minggu dengan perubahan jadwal dari pemerintah dengan kalender sebelumnya,” imbuhnya.

Untuk mengantisipasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) petugas melakukan desinfeksi peralatan dan sanitasi lingkungan. Sementara terkait hewan sudah dipastikan kesehatan oleh Tim Puskeswan.

“Kita juga mencelupkan kepala, jeroan dan kaki, kami celup karena disitu tempat virus, banyak tempat virus di kepala, kaki, sama jeroan, jadi membantu mencegah mengurangi penyebaran,” pungkasnya. (HENDRI/B-11)

Berita Terbaru