Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Majene Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

4 Tahun Berturut-Turut SMAN 1 Palangka Raya Sukses Kirim Pelajar ke Amerika Serikat

  • Oleh Hendri
  • 12 Juli 2022 - 21:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Selama 4 tahun berturut-turut SMAN 1 Palangka Raya sukses menoreh prestasi luar biasa di mata dunia. Sekolah ini rutin memberangkatkan peserta didiknya dalam ajang pertukaran pelajar Indonesia-Amerika Serikat sejak 2018-2021.

Pelajar berprestasi dari sekolah itu berangkat ke Negeri Paman Sam atas keberhasilannya meraih program beasiswa Kennedy-Lugar Youth Exchange and Study (KL-YES) yang dibuka tiap tahun oleh Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (U.S. Department of State).

Program beasiswa (YES) merupakan program beasiswa penuh yang sudah ada sejak tahun 2003. Peserta program ini menjadi duta bangsa dengan menjembatani masyarakat Amerika Serikat untuk lebih mengenal tentang Indonesia berikut kehidupan dan kebudayaannya.

Tahun lalu, pelajar SMAN 1 Palangka Raya yang berangkat dalam program tersebut yakni Hellena Christa Asterline dan Finda Trimulyasi David. Keduanya tinggal dan belajar tentang AS selama 10 bulan dan baru saja kembali ke tanah air, bulan lalu.

Tiba di sekolah keduanya pun disambut dengan penuh kebanggaan oleh kepala sekolah, seluruh guru maupun teman-teman di sekolahnya. Keduanya tidak hanya pulang membawa cerita, namun berhasil meraih sejumlah piala kemenangan tingkat Internasional.

"Kami berdua angkatan 2021-2022 dari program KL-YES. Kami mengetahui program ini dari alumni 2018-2019. Setelah mengetahui ada program itu kami pun ambisius dan berkomitmen serta kerja keras supaya bisa berhasil," ungkap keduanya saat diwawancarai Borneonews, Selasa 12 Juli 2022.

Sebelum diberangkatkan, keduanya lebih dulu mengikuti seleksi dalam negeri yang dilaksanakan Lembaga Bina Antarbudaya yang mengelola program pertukaran pelajar di Indonesia sebagai mitra dari organisasi internasional AFS Intercultural Programs.

"Mereka adalah pihak pemerintah yang memberikan beasiswa bekerjasama langsung dengan U.S. Department of State. Di Indonesia sendiri ada sekitar 20 Chapter. Waktu itu kami ikut Chapter Banjarmasin karena Palangka Raya ini belum ada Chapternya," tutur keduanya menjelaskan proses keberangkatan.

Setelah melewati berbagai proses seleksi yang cukup panjang keduanya pun berhasil lulus dan mewakili sekolah untuk ke luar negeri bersama 78 pelajar lainnya dari Indonesia. Untuk diketahui ada 80 pelajar Indonesia yang mengikuti program KL-YES 2021-2022.

"Selama belajar di AS, kami mengikuti kegiatan-kegiatan di sekolah maupun di masyarakat AS selama 10 bulan. Banyak sekali ilmu, pengalaman dan cara berpikir maju yang kami peroleh dari sana. Bahkan sampai sekarang rasanya pengen balik lagi ke sana," tuturnya keduanya mengungkapkan perasaan.


TAGS:

Berita Terbaru