Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Jembrana Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Taty Narang Dorong Percepatan Pengembangan Air Bersih

  • Oleh Asprianta
  • 13 Juli 2022 - 05:00 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau – Rencana pengembangan dan peningkatan air bersih, khususnya di kawasan perkotaan mendapat perhatian serius dari Bupati Pulang Pisau Pudjirustaty Narang.

Hal itu terungkap pada saat mempimpin Rapat Koordinasi Terbatas bersama Sekda Tony Harisinta dan Kepala SOPD dilingkungan Pemkab Pulang Pisau, belum lama ini.

"Setelah saya mencermati, ada beberapa permasalahan yang harus dicari alternatif dan solusi terhadap kendala yang dihadapi PDAM Pulang Pisau,” ucap Pujirustaty Narang.

Taty, sapaan akrab bupati Pulang Pisau menambahkan bahwa dengan peningkatan jumlah penduduk saat ini kualiras air bersih menjadi kebutuhan penting yang harus diupayakan keberadaannya.

Mengingat, lanjut Taty, efek jangka panjang kualitas air bersih berpengaruh terhadap sendi-sendi kehidupan, khususnya dibidang kesehatan sehingga saya memutuskan perlunya dibentuk Tim dan saya berharap dapat mencari dan merumuskan langkah strategis guna mencari sumber pembiayaan, mengingat Dana AlokasinUmum (DAU) kita sangat terbatas.

”Jadi, sumber dana lain yang sangat berpotensi didapatkan adalah melalui Dana Alokasi Khusus (DAK),” ucapnya. 

Taty menambahkan, Bonus Kabupaten Pulang Pisau yang ditunjuk sebagai Pusat Ketahanan Pangam Nasional (Food Estate) menantang pihaknya untuk mengambil peran dan terlibat langsung dengan konsistensi membangun jaringan komunikasi ke kementrian-kementrian pusat.

Karena banyak peluang yang berpotensi untuk pihaknya raih, salah satunya adanya ketersediaan air baku yang pemanfaatannya terkineksi dengan PDAM, irigasi pertanian dan perikanan.

Taty mengaku, bahwa beberapa waktu lalu membangun komunikasi dengan pihak Balai Wilayah Subgai (BWS) Kalimantan II Kalteng, termasuk dalam waktu dekat akan koordinasi langsung ke Balai Prasarana dan Pemukiman Wilayah (BPPW) bersama dengan instansi terkait.

”Jadi, saya memutuskan untuk membentuk Tim Percepatan dan Pengembangan PDAM, sistem irigasi tambak dan normalisasi saluran irigasi skunder,” pungkasnya.

Sementara itu menanggapi permintaan Bupati Pulpis, Sekda Pulang Pisau Tony Harisinta memastikan bahwa apa yang disampaikan Bupati Pulang Pisau Pudjirustaty Narang perlu segera ditindaklanjuti.

Ia akan menyampaikan hal tersebut  kepada Tim Percepatan dan Pengembangan PDAM, yang terdiri dari Bappedalitbang, Dinas Pertanian, PUPR, Dinas Perikanan, BPPKAD, DLH dan Bagian Ekonomi Pembangunan Setda Pulpis, bahwa target dua minggu ke depan sudah didapatkan informasi.

Berita Terbaru