Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Grobongan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Koperasi Diharapkan Mampu Menyesuaikan Diri dengan Perkembangan Zaman

  • Oleh Donny Damara
  • 13 Juli 2022 - 13:11 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Wilayah Kalteng juga sebagai Ketua Komisi I DPRD Kalteng, Yohannes Freddy Ering berharap koperasi khususnya yang ada di Kalteng mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman saat ini.

Freddy mengatakan, dimomentum Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke-75 tahun ini jajaran pengurus koperasi yang ada harus dapat berbenah dan menata kembali kelembagaan, organisasi, manajemen, serta unit usaha sehingga di era perkembangan zaman seperti sekarang dapat bertransformasi ke era digitalisasi.

"Momentum ini harus dapat menjadi penggerak jajaran koperasi yang ada di Kalteng untuk maju dan berkembang. Kita ketahui sendiri sekarang ini zaman serba digital, jadi koperasi harus mampu bertransformasi mengikuti perkembangan zaman," ucapnya, Rabu, 13 Juli 2022.

Freddy menjelaskan, selama 75 tahun perjalanan koperasi di Indonesia, lembaga ini telah membuktikan bahwa mampu menjadi kekuatan penyangga ekonomi nasional, meski berbagai tantangan dan rintangan kerap dihadapi namun hingga kini koperasi masih bisa tetap eksis.

"Kita patut bersyukur koperasi di Indonesia ini khususnya Kalteng masih bisa bertahan hingga sekarang. Terlebih menghadapi situasi saat ini yaitu merebaknya pandemi Covid-19 dan juga persoalan lainnya, tapi koperasi tetap menjadi kekuatan ekonomi nasional," ujarnya.

Dirinya berharap, tentu dengan adanya penyesuaian diri mengikuti perkembangan zaman digitalisasi saat ini, koperasi yang ada baik di Indonesia terutama di Kalteng terus berkembang, maju, dan eksis agar dapat membantu masyarakat maupun pelaku UMKM dalam memberikan pinjaman modal dan juga hal-hal lainnya.

"Teruslah berbenah agar koperasi bisa tetap kuat, berkembang, dan maju. Tentu keberadaan koperasi ini sangat strategis dalam sejumlah asfek, yang kita ingin koperasi khususnya yang ada di Kalteng mampubmembuktikan bahwa bisa menjadi penyangga kekuatan ekonomi daerah maupun nasional," tutupnya. (DONNY D)

Berita Terbaru