Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Semarang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pedagang Kaki Lima Sambut Gembira Gelaran Festival Budaya Penyang Hinje Simpei di Katingan, Ini Sebabnya

  • Oleh Abdul Gofur
  • 14 Juli 2022 - 10:31 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Puluhan pedagang kaki lima menyambut gembira digelarnya festival budaya penyang hinje simpei di Lapangan Sport Center Kereng Humbang, Kasongan 13 - 15 Juli 2022.

Ya, sejak Rabu, 13 Juli 2022 sore puluhan pedagang kaki lima yang menjual berbagai macam kebutuhan termasuk makanan dan minuman di areal Lapangan Sport Center Kereng Humbang sudah mulai menjajakan barang dagangannya.

Hingga menjelang pembukaan pada malam harinya, tempat berjualan para pedagang kaki lima ini terus disesaki pengunjung yang hendak membeli barang dagangannya. 

"Syukur alhamdulillah barang dagangan saya laris manis malam ini berkat digelarnya festival penyang hinje simpei ini," tutur Madi, seorang penjual pentok bakso yang ditemui borneonews.co.id di areal Lapangan Sport Center, Rabu, 13 Juli 2022 malam.

Kegiatan seperti festival budaya ini membawa berkah terutama bagielaku usaha mikro kecil dan menengah atau UMKM seperti dirinya. 
"Sebab beberapa tahun terakhir seiring pandemi Covid-19 pemerintah melarang acara yang sifatnya mendatangkan orang banyak, dan baru kali ini kita bisa berjualan diacara yang banyak d7kunjungi warga," katanya.

Ia berharap kegiatan semacam ini bakal terus digelar kedepannya, sehingga pelaku UMKM dapat mengambil bagian yakni berjualan. 

Terpisah, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya dan Pariwisata Kabupaten Katingan, Risnaduar mengatakan kegiatan festival penyang hinje simpei ini dilaksanakan selama tiga hzri hingga 15 Juli 2022.

Tapi untuk pasar malam dan hiburan rakyat lainnya bakal berlangsung hingga akhir bukan ini. "Kegiatan ini juga dirangkai dengan peringatan HUT Kabupaten Katingan ke 20," katanya. (ABDUL GOFUR/B-11)

Berita Terbaru