Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Toraja Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pertandingan Malam Hari Liga 1 Indonesia

  • Oleh ANTARA
  • 16 Juli 2022 - 10:30 WIB

BORNEONEWS, Jakarta - Sabtu 23 Juli pukul 16.00 WIB, Liga 1 Indonesia akan mengawali musim baru 2022-2023 ketika Bali United menghadapi Persija Jakarta.

Itu adalah satu dari jadwal pertandingan musim ini yang sudah dirilis oleh penyelenggara kompetisi, PT Liga Indonesia Baru yang biasa disebut LIB saja. Baru pekan pertama memang, setelah draft jadwal seluruhnya memicu polemik.

Polemik itu berpusat pada beberapa pertandingan yang dilangsungkan malam hari, antara pukul 20.00 WIB dan 20.45 WIB.

Sebagian kalangan mempertanyakan mengapa harus semalam itu. Direktur Utama LIB Akhmad Hadian Lukita memiliki jawaban untuk pertanyaan semacam ini.

"Tidak bisa dipungkiri bahwa unsur pemegang hak siar harus diikuti dalam menyusun jadwal. Menurut mereka, pada jam segitulah penonton sudah santai di rumah sambil menunggu istirahat," kata Akhmad kepada pers dua hari lalu.

Pemegang hak siar pertandingan Liga 1 musim 2022/2023 adalah Elang Mahkota Teknologi atau Emtek. Mereka menjadi official broadcaster Liga 1 sampai musim 2024/2025.

Draft jadwal itu sempat diprotes Persib yang menuntut jadwal lebih adil. Persib merasa mendapatkan perlakuan tidak adil karena 15 dari 17 pertandingan putaran pertamanya digelar pada malam hari. Tim lain yang memiliki jatah bermain malam hari lebih banyak adalah Persija.

Namun yang mengajukan protes baru Maung Bandung yang beberapa hari lalu melayangkan surat protes bernomor 05/DIR/-PBB/VII/2022 yang ditandatangani Direktur Persib Teddy Tjahjono, kepada LIB.

Dalam surat itu Persib menulis "dengan mempertimbangkan faktor kesehatan dari tim kami serta asas keadilan bagi semua tim peserta Liga 1-2022/2023, bersama ini kami menyampaikan keberatan kami mengenai draf jadwal pertandingan Persib Liga 1- 2022/2023."

Di sini, Persib menekankan unsur keadilan yang sangat dijunjung tinggi oleh dunia olahraga yang juga bagian sentral dari sportivitas.

Berita Terbaru