Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DSPMD Barito Selatan Dorong Percepatan Pencairan Dana Desa

  • Oleh Uriutu
  • 18 Juli 2022 - 22:00 WIB

BORNEONEWS, Buntok – DSPMD Kabupaten Barito Selatan mendorong percepatan pencairan Dana Desa atau DD tahap kedua.

“Kita mengundang perangkat Desa, BPD, Camat dan tim verifikasi Kecamatan untuk membahas percepatan pencairan dana desa tahap ke II,” kata kepala DSPMD Barsel, Selviriyatmi, Senin, 18 Juli 2022.

Tujuan kegiatan ini untuk mengetahui kendala apa saja yang dihadapi Desa apabila terlambat, sehingga Camat bisa mengatasi kendala tersebut.

Saat ini, lanjut dia, dari 86 desa tahap I pencairannya sudah 100 persen. Sementara tahap kedua baru realisasi pencairan DD 9,3 persen. Sementara BLT tahap II baru 88,4 persen.

“Atas dasar tersebut kita melakukan pertemuan untuk melakukan percepatan penyaluran DD tahap II,” jelasnya.

Kegiatan ini diselenggarakan mulai 18-26 Juli 2022. Setiap Kecamatan dilaksanakan 1 hari, sehingga lebih fokus dan tetap sasaran. Kemudian untuk tahap III apabila sudah mencairkan tahap II.

Ia menyampaikan untuk proses pencairan pihaknya menunggu rekomendasi di Kecamatan. Kegiatan ini merupakan strategi pihaknya agar penyaluran Dana Desa tidak terlambat.

Penyalurannya ada tahapan yakni tahap pertama paling lambat bulan Juni 2022. Kemudian tahap kedua paling lambat Agustus 2022 .

“Apabila tidak disalurkan sesuai tahapan maka DD tahap berikutnya tidak bisa disalurkan. Oleh sebab itu kita melaksanakan kegiatan ini,” ucapnya.

Sementara Camat Jenamas, Abdul Ghani Majedi mengatakan untuk jenamas ada 4 Desa sementara 3 Desa telah pencairan sementara 1 Desanya menyusul.

Untuk pembayaran pajak, sudah 100 persen. Dirinya pun mengucapkan terima kasih kepada Kades yang terus berkoordinasi dengan pihaknya. “Jadi kita tinggal menunggu pencairan DD tahap kedua ini,” ucapnya. (URIUTU DJAPER/B-6)

Berita Terbaru