Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Poso Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Disbudpar Kotim Berupaya Menambah Koleksi Topeng Kearifan Lokal

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 19 Juli 2022 - 22:51 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kotawaringin Timur, saat ini berupaya menambah koleksi topeng kearifan lokal. Salah satunya melalui lomba kreasi topeng yang akan digelar. 

Kepala Disbudpar Kotim, Ellena Rosie melalui Kepala Bidang Sejarah Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman, Muhammad Yusdiannur mengharapkan, upaya ini dapat menambah koleksi yang ada. 

"Diharapkan dengan lomba kreasi ini kita bisa menambah koleksi topeng kearifan lokal," kata Yusdiannur, Selasa, 19 Juli 2022. 

Selain itu misi lainnya juga adalah mengenalkan generasi muda agar lebih mengenal topeng dengan kearifan lokal. Sebab menurutnya, saat ini banyak pemuda yang tidak tahu akan keberadaan topeng budaya atau biasa disebut babukung. 

"Harapan kami generasi muda lebih mengenal topeng kearifan lokal. Kebanyakan anak muda tidak tahu itu babukung seperti apa," ujarnya. 

Sebab itu, Disbudpar Kotim berupaya menjembatani pemuda di Kabupaten Kotawaringin Timur untuk mengenal kebudayaan lokal tersebut dengan menggelar lomba kreasi bagi pelajar, SMA, dan mahasiswa. 

Lomba kreasi topeng tradisional dibuka hingga tanggal 12 Agustus 2022, dan final yang awalnya 26-29 Juli 2022 akan dilaksanakan 13 - 14 Agustus 2022. 

Gelaran lomba kreasi topeng ini salah satu rangkaian kegiatan dalam Public Culture Kotim 2022 oleh Disbudpar Kotim dan UPTD Museum Kayu Sampit. Public Culture Tahun 2022 diadakan untuk memeriahkan hari ulang tahun kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia dan hari ulang tahun ke-18 Museum Kayu Sampit. 

Selain lomba kreasi topeng kearifan lokal, juga ada lomba tari kreasi modern, melukis di nampah atau nyiru, membaca puisi, dan kegiatan berkemah malam hari di Museum Kayu Sampit. (USAY NOR RAHMAD/B-6)

Berita Terbaru