Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tana Tidung Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

3 Pelaku Pencuri Sawit Dijatuhi Hukuman 9 Bulan Penjara

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 19 Juli 2022 - 19:15 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Tiga orang Terdakwa dalam kasus pencurian tandan buah segar (TBS) sawit, milik PT. Sungai Rangit Sampoerna Agro Tbk, dijatuhi hukuman masing - masing selama 9 bulan penjara, oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Pangkalan Bun, Selasa, 19 Juli 2022.

Ketua Majelis Hakim I Gede Putu Saptawan, didampingi Hakim Anggota Heru Karyono dan Erick Ignatius Christoffel menyampaikan, bahwa ketiga terdakwa yaitu Dedy Irawan, Muhammad Ubadillah, dan Hadi Waluyo telah terbukti secara sah, melakukan tindak pidana yang diatur dalam Pasal 363 Ayat (1) Ke-4 KUHP tentang Pencurian dengan Pemberatan.

"Setelah melalui pertimbangan dan juga mendengarkan permohonan terdakwa, maka diputuskan kepada ketiga terdakwa masing - masing dihukum 9 bulan penjara, dan membayar biaya perkara Rp 5 ribu rupiah," ucapnya.

Putusan tersebut, diketahui lebih ringan dari tuntutan jaksa penuntut umum (JPU), dengan masing-masing pidana selama 10 (sepuluh) Bulan Penjara, dengan ketentuan lamanya pidana penjara itu akan dikurangi sepenuhnya dengan waktu selama Para Terdakwa ditangkap dan ditahan di Rutan.

"Beberapa pertimbangan yang meringankan terdakwa telah mengakui perbuatannya, dab berjanji tidak mengulanginya lagi," ungkapnya.

Atas putusan tersebut, para terdakwa menerimanya.

Diinformasikan, bahwa perkara tersebut terjadi pada 19 Maret 2022 sekitar jam 19.00 WIB, di Blok H25 PT. Sungai Rangit Sampoerna Agro Tbk, Desa Sumber Mukti, Kecamatan Kotawaringin Lama, Kabupaten Kotawaringin Barat.

Diketahui, sebenarnya pelaku pencurian tidak hanya tiga orang, namun empat orang. Namun, satu pelaku Muhammad Ubadillah berhasil melarikan diri.

Sekitar pukul 20.00 WIB, para pelaku ini memancarkan aksinya dengan memiliki peran masing - masing, dengan menggunakan dodos, angkong dan juga mobil.

Bahwa akibat perbuatan para terdakwa, PT. Sungai Rangit Sampoerna Agro Tbk mengalami kerugian yang di taksir sekitar Rp. 5.822.180. (DANANG/B-5)

Berita Terbaru