Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sumba Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dorong Percepatan Vaksinasi Penguat bagi Jemaah Haji

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 20 Juli 2022 - 02:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemerintah mendorong percepatan vaksinasi bagi jamaah haji yang baru pulang dari Arab Saudi, selain juga mendorong percepatan vaksinasi penguat atau vaksinasi booster bagi masyarakat.

Pelaksanaan vaksinasi dilakukan ketika jamaah masih berkumpul di asrama haji sebelum pulang ke rumah masing-masing.

“Arahan dari Presiden Joko Widodo, untuk semua jemaah haji yang baru pulang dan belum dibooster, sembari menunggu dijemput keluarga, bisa di booster dulu, karena vaksin ini tujuan untuk melindungi masyarakat, kalau terkena jangan sampai masuk rumah sakit, dan jangan sampai wafat,” kata Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin.

Menurut Menkes Budi, vaksinasi penguat telah terbukti efektif dalam memberikan proteksi ekstra bagi masyarakat dari kemungkinan dirawat di rumah sakit maupun meninggal.

 Dijelaskan bahwa secara persentase, mereka yang meninggal dunia akibat Covid-19 merupakan orang-orang yang belum divaksin atau baru divaksin satu kali.

“Sedangkan yang sudah divaksin dua kali jauh menurun persentase fatalitasnya atau yang wafat kalau terkena dan yang dibooster persentase yang wafatnya saat terkena Covid-19 penurunannya akan lebih jauh lagi,” pungkasnya.

Berdasarkan data yang dirilis Satgas Penanganan Covid-19 Kalteng, Selasa 19 Juli 2022, kasus konfirmasi Covid-19 bertambah 26 kasus, diantaranya Palangka Raya 20 kasus, Katingan tiga kasus, Barito Utara dua kasus, dan Kapuas satu kasus.

Pasien sembuh bertambah empat orang, yakni Palangka Raya dua orang, Murung Raya satu orang, dan Barito Selatan satu orang. Sedangkan, jumlah pasien meninggal dunia tidak mengalami penambahan. (HERMAWAN DP/B-5)

Berita Terbaru