Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Halmahera Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sampah di Depo Menumpuk, DLH Kotim Sebut Warga Kebiasaan Buang di Luar

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 20 Juli 2022 - 18:21 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Akhirnya Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kotawaringin Timur bergerak membereskan tumpukan sampah di sejumlah depo di Sampit, Kotawaringin Timur, Rabu, 21 Juli 2022. 

Kepala DLH Kotim, Machmoer mengatakan penumpukan ini bukan semata masalah kurangnya personel dan armada. Namun juga perilaku oknum masyarakat. 

"Mereka banyak buang di luar. Malas masuk depo. Sehingga sampah menumpuk di luar, dan akhirnya warga yang lainnya tidak bisa masuk depo dan turut membuang di laur. Hingga akhirnya seperti meluber padahal di dalam kosong," jelas Machmoer. 

DLH Kotim pun mengerahkan seluruh tenaga dalam mengatasi masalah sampah yang menumpuk di semua depo di Kota Sampit  Sampit, yang terjadi akhir-akhir ini.

"Bahkan kalau tidak selesai sore ini, akan kami lanjut sampai malam hari," ujarnya. Menurut Machmoer, melubernya sampah ini karena kebiasaan buruk oknum masyarakat yang tidak membuang sampah ke dalam depo. Sehingga sampah menumpuk di depan dan pembuang sampah tidak bisa lewat. 

"Padahal di dalam depo sampah masih kosong. Meskinya sampah setinggi 3 meter saja masih bisa masuk bila ditata lebih bagus," ujarnya. 

Hal ini membuat pihak DLH harus lebih ekstra dalam mengawasi masyarakat yang membuang sampah. Dengan menugaskan  petugas jaga yang mengarahkan pembuang sampah. 

Pantauan borneonews.co.id depo pertama yang dibersihkan petugas DLH adalah Tempat Pembuangan Sementara 3R di Jalan Kopi Selatan. Selanjutnya, menyusul ke depo di Jalan Pelita, Depo Jalan, Tar Tar, dan depo-depo lainnya.

Dalam pembersihan hari itu, sebanyak 6 armada dikerahkan. Ditambah 4 armada sewaan dan 1 alat berat milik pihak ketiga. 

"Insya Allah kami tuntaskan hari ini, sehingga depo kembali kosong," katanya. (USAY NOR RAHMAD/B-6)

Berita Terbaru