Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Gunung Kidul Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penanaman Jagung di Lapas Sukamara Diharapkan Berkembang

  • Oleh Norhasanah
  • 20 Juli 2022 - 22:50 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Penanaman jagung yang dilakukan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Sukamara diharapan bisa semakin berkembang, dan mampu menopang lumbung Ketahanan Pangan di Kalimantan Tengah.

Staf Khusus Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Bidang Transformasi Digital, Fajar B.S Lase mengatakan bahwa pengembangan lahan jagung di Lapas Kelas III Sukamara merupakan bentuk respon dan dukungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI melalui UPT Pemasyarakatan terhadap program pemerintah pusat.

"Karena mewujudkan ketahanan pangan bagi Indonesia, bukan hanya tanggung jawab Kementerian Pertanian RI saja, namun merupakan tanggung jawab bersama," ucap Fajar B.S Lase pada acara penanaman jagung perdana yang dihadiri Wamentan RI, Harvick Hasnul Qolbi, Rabu, 20 Juli 2022.

Dia menjelaskan, legiatan ketahanan pangan dijajaran pemasyarakatan dikenal dengan nama Food Estate Prison, yaitu sebagai salah satu program unggulan dibidang pertanian dan perkebunan. 

Di mana pemasyarakatan bukan hanya sebatas kepenjaraan, namun ada program pembinaan yang disediakan dalam mendidik dan melatih Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). 

"Sehingga setelah selesai menjalani masa pidana, mereka dapat kembali ke lingkungan masyarakat menjadi manusia yang produktif dan tidak kembali melakukan pelanggaran yang sama," jelas Fajar B.S Lase.

Fajar berharap, pengembangan lahan jagung oleh Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Sukamara kedepannya bisa semakin berkembang, dapat menjadi contoh bagi UPT Pemasyarakatan yang lain maupun masyarakat, serta mampu menopang lumbung Ketahanan Pangan di Kalimantan Tengah, khususnya di Kabupaten Sukamara.

Sementara itu, Bupati Sukamara Windu Subagio mengatakan bahwa pihaknya mendukung penuh terhadap pengembangan lahan jagung, kegiatan yang ditujuakan dalam mendukung ketahanan pangan tersebut diharapkan bisa sukses dan berkembang, sehingga apa yang diharapkan dalam mendukung suksesnya ketahanan pangan nasional dapat diwujudkan.

"Terima kasih semuanya, semoga tanaman jagung ini nantinya sukses dan dapat memberikan kontribusi positif bagi ketahanan pangan khususnya di Kabupaten Sukamara," tukas Windu Subagio. (NORHASANAH/B-5)

Berita Terbaru