Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Lamandau Bangkitkan UMKM Melalui Bazar dan Pasar Rakyat

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 22 Juli 2022 - 12:30 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamandau terus berupaya membangkitkan perekonomian pelaku Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) setempat. Salah satunya dengan menggelar bazar dan pasar rakyat.

“Hampir dua tahun lamanya pertumbuhan perekonomian kita terpuruk akibat pandemi Covid-19. Meskipun tidak separah kota-kota atau daerah lain,” ungkap Bupati Hendra saat mengujungi Stand UMKM di Pasar Rakyat yang digelar di Halaman Kecamatan Bulik, Kabupaten Lamandau, Jumat, 22 Juli 2022.

Karenanya, lanjut dia, melalui bazar dan pasar rakyat tersebut diharapkan mampu mendorong sekaligus mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat, khususnya para pelaku UMKM.

“Kita dengar tadi dari laporan penyelenggara, ada puluhan pelaku UMKM ikut serta dalam bazar dan pasar rakyat ini. Tentunya ini memberikan nilai plus untuk pertumbuhan ekonomi kita,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati juga menyinggung soal program peningkatan perekonomian melalui komoditi lain selain perkebunan kelapa sawit. Sehingga nantinya masyarakat tidak hanya bergantung pada satu jenis komoditi.

“Kita berupaya menciptakan komoditas unggulan berbasis lingkungan, seperti halnya kopi, singkong dan yang belum lama ini di desa Bina Bhakti tengah membudidayakan tanaman buah manggis,” bebernya.

Hal ini, imbuh dia, berangkat dari pemahaman bahwa daerah ini tidak boleh hanya terpaku atau ketergantungan pada satu komoditas saja. Sehingga, ketika salah satu sektor perekonomian terpuruk, sektor lain mampu menopangnya. (HENDI NURFALAH/B-7)

Berita Terbaru