Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Sulawesi Tengah Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wali Kota Palangka Raya Minta Orang Tua Batasi Anak Bermain Game

  • Oleh Hendri
  • 24 Juli 2022 - 15:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin meminta orang tua membatasi anak-anak ketika bermain game. Misalnya ketika bermain game online yang dapat dimainkan menggunakan komputer maupun Smart Phone.

"Perkembangan teknologi memang membawa dampak positif dan negatif. Kalau digunakan dengan bijak hasilnya akan bagu, namun jika tidak, hasilnya pun merugikan. Saya kira soal main game ini perannya di orang tua agar mengawasi dan membatasi," katanya, Minggu, 24 Juli 2022.

Menurutnya, salah satu dampak game online ialah dapat membuat anak menjadi kecanduan. Anak kecenderungan memiliki keinginan untuk bermain sepanjang waktu yang akan berakibat pada kesehatan dan perilaku anak.

Hal tersebut disebabkan karena kurangnya pengawasan orang tua terhadap anak, kurangnya pola didik yang tepat dan pengaruh lingkungan. Sementara anak memiliki banyak waktu ketika di rumah untuk bermain game tersebut.

"Untuk itu, perlu adanya manajemen waktu dan perhatian orang tua terhadap anak dalam bermain game online," ujarnya.

Selain itu, orang tua perlu menerapkan batasan waktu terhadap anak dalam bermain game online, serta luangkan waktu kepada anak untung saling bercerita atau memberikan kegiatan baru yang lebih positif.

"Nanti dari pemerintah akan meningkatkan lagi literasi terkait hal-hal seperti ini melalui Dinas Kominfo agar permainan game online tidak merusak generasi penerus bangsa ini," pungkasnya. (HENDRI/B-5)

Berita Terbaru