Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Pekalongan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

China Luncurkan Modul Laboratorium Ruang Angkasa Wentian dari Hainan

  • Oleh ANTARA
  • 24 Juli 2022 - 19:00 WIB

BORNEONEWS, Beijing - China berhasil meluncurkan modul laboratorium ruang angkasa Wentian dari Provinsi Hainan, pulau tropis di wilayah selatan daratan Tiongkok, pada Minggu siang.

Modul sepanjang 20,5 meter itu diangkut roket Long March 5B yang meluncur tepat pukul 14.22 waktu setempat (13.22 WIB) dari Pusat Peluncuran Ruang Angkasa Wenchang di Hainan.

Sekitar delapan menit kemudian, modul Wentian terpisah dari roket pendorongnya dan memasuki orbit untuk menjadi bagian dari stasiun ruang angkasa Tiangong.

Setelah itu tiga awak Shenzhou XIV yang sejak Juni lalu berada di stasiun ruang angkasa Tiangong, yakni Kolonel Senior Chen Dong, Kolonel Senior Liu Yang, dan Kolonel Senior Cai Xuzhe, akan memasuki modul Wentian untuk memeriksa kondisi fisiknya.

Wentian akan menandai tonggak baru industri luar angkasa China, demikian China Academy of Space Technology yang merancang dan membuat Wentian.


Peluncuran Wentian di pesisir Hainan disaksikan sejumlah warga dari berbagai daerah di China, termasuk kalangan akademisi dari Beijing.

Peluncuran pesawat ruang angkasa termutakhir tersebut juga disiarkan secara langsung beberapa stasiun televisi setempat. (T.M038)

ANTARA

Berita Terbaru