Aplikasi Pilkada Terintegrasi dengan Excel

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kepala OJK Kalteng Letakkan Perhatian Tinggi untuk Edukasi dan Perlindungan Konsumen

  • Oleh Testi Priscilla
  • 25 Juli 2022 - 09:45 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Otoritas Jasa Keuangan atau OJK Provinsi Kalimantan Tengah, Otto Fitriandy mengatakan bahwa Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan atau DK OJK Periode 2022–2027 meletakkan perhatian yang tinggi terhadap program edukasi dan perlindungan konsumen.

"Bidang EPK dari DK OJK itu sudah menegaskan bahwa OJK memiliki kewenangan melakukan tindakan pencegahan permasalahan konsumen dan masyarakat melalui pemberian informasi dan edukasi atas karakteristik sektor jasa keuangan, layanan dan produknya," kata Otto pada Minggu, 24 Juli 2022.

OJK juga berwenang melakukan pengawasan perilaku atau market conduct Pelaku Usaha Jasa Keuangan dalam rangka Perlindungan Konsumen dan masyarakat.

"Kepala Eksekutif Pengawasan Perbankan OJK, Dian Ediana Rae bahkan sampai menegaskan akan meningkatkan kinerja perbankan dalam mendorong pemulihan dan pertumbuhan ekonomi pasca pandemi, melalui penguatan sistem pengawasan perbankan yang responsif terhadap tantangan serta perubahan ekosistem keuangan domestik dan global," jelas Otto lagi. 

Ke depan perhatian terhadap individual bank menurut Otto juga akan menjadi prioritas, antara lain melalui penerapan early warning system dengan parameter yang lebih sensitif.

"Sehingga dapat menghindari keterlambatan penanganan bank bermasalah," tegasnya. (TESTI PRISCILLA/B-5)

Berita Terbaru