Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Dharmasraya Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bentuk Karakter Pemuda Melalui Nawang Asha

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 25 Juli 2022 - 16:30 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamandau terus mendukung kegiatan para pemuda di daerah, terutama yang berkaitan dengan pembentukan karakter. Salah satunya melalui kegiatan Nawang Asha Menjelajah Negeri.

“Melalui kegiatan ini kami harap generasi muda kita bisa meningkatkan prestasi, mempunyai kepribadian maupun karakter yang baik dan termotivasi untuk maju serta berwawasan luas tentang kemajuan dunia luar,” kata Camat Lamandau Agus Siswanto, di Nanga Bulik, Senin, 25 Juli 2022.

Dijelaskan Agus, Nawang Asha terdiri atas beberapa kegiatan, meliputi workshop materi, permainan edukatif, pentas seni kreatif, hingga berbagi maupun pelatihan bersama.

Untuk workshop materi, bertujuan membangun fondasi berpikir dan dasar yang kokoh bagi generasi muda. Adapun topik yang dibahas seperti kenakalan remaja, wawasan kebangsaan, motivasi pendidikan, hingga menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Selain itu, juga membahas tentang bagaimana generasi muda kita dapat berintegritas, bertanggung jawab, menjadi seorang pemimpin dan mampu berpikir kritis, serta dapat bekerja sama dalam tim maupun meningkatkan kemampuan berbicara di depan publik,” terangnya.

Lebih lanjut disampaikannya, untuk permainan edukatif, bertujuan memberi pemahaman materi dengan metode menyenangkan, tetapi mengandung nilai moral yang dapat menjadi pelajaran bagi peserta.

Kemudian, pentas seni kreatif adalah salah satu cara dalam kegiatan ini untuk melatih kreativitas setiap peserta, hingga pada akhirnya memiliki jiwa kreatif dan kemampuan menyusun rencana yang baik.

“Terakhir, kegiatan berbagi dan pelatihan, merupakan realisasi dari berbagi pengalaman dan ilmu pengetahuan yang dimiliki masing-masing individu. Dengan ini diharapkan menjadi awal terjalinnya komunikasi yang baik hingga terbangunnya relasi,” tuturnya.

Agus Siswanto menjabarkan, sasaran kegiatan ini meliputi peserta didik kelas VII dan VIII SMP Negeri 4 Satap Lamandau, peserta didik kelas X dan XI SMA Negeri I Lamandau, serta warga sekitar.

“Kami harap kegiatan ini mampu menumbuhkan kepedulian sosial generasi muda berupa rasa empati dan simpati, hingga mempererat jalinan tali persaudaraan,” tandasnya. (HENDI NURFALAH/B-7)

Berita Terbaru