Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Toli-Toli Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan: Jaga Kesehatan Cegah Penularan Monkeypox

  • Oleh Hendri
  • 26 Juli 2022 - 17:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Ketua II Komisi C DPRD Palangka Raya, Arthur Apriossi Tuwan mengingatkan masyarakat agar menjaga kesehatan dengan menjalankan pola hidup bersih dan sehat untuk mencegah penularan penyakit cacar monyet atau Monkeypox.

"Untuk menghindari penularan, kita harus semakin menjaga kesehatan dan menerapkan gaya hidup sehat serta menghindari kontak dengan binatang yang menyebabkan penyakit tersebut," katanya, Selasa, 26 Juli 2022.

Selain itu, ia juga mendorong Pemerintah untuk mengantisipasi masuknya penyakit yang disebabkan oleh Monkeypox Virus (MPXV) tersebut dengan cara memaksimalkan sosialisasi ke masyarakat.

“Gencarkan sosialisasi mengenai penyakit ini, termasuk perbanyak edukasi kepada masyarakat tentang Cacar Monyet untuk meningkatkan kewaspadaan. Antisipasi dini lebih baik daripada mengobati," ungkap Politisi Demokrat itu.

Diketahui, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menetapkan penyakit tersebut sebagai darurat global atau Public Health Emergency of International Concern (PHEIC). Berdasarkan data WHO, penyakit ini sudah menyebar di puluhan negara.


Virus Cacar Monyet diketahui dapat menular lewat kontak dekat dengan orang lain yang terinfeksi, hewan yang terjangkit, atau bahkan yang terkontaminasi virus. Pada penularan antar manusia, Cacar Monyet menyebar dari satu orang ke orang lainnya melalui kontak fisik. (HENDRI/B-7)

Berita Terbaru