Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Sebut Pelayanan Administrasi Disdukcapil Kobar Perlu Ditingkatkan

  • Oleh Donny Damara
  • 26 Juli 2022 - 17:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Ketua Komisi I DPRD Kalteng, Kuwu Senilawati menyebut pelayanan administrasi di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kotawaringin Barat Kobar perlu ditingkatkan.

Dikatakannya bahwa, saat melaksanakan kunjungan kerja, pihaknya mendapati satu dari dua unit alat perekaman Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el) di Disdukcapil Kobar  mengalami kerusakan.

Kemudian, ada tiga unit alat pencetakan KTP-el dengan kondisi satu unit rusak, dua unit dalam kondisi baik, dan salah satunya yakni pinjaman dari Disdukcapil Lamandau.

"Baru-baru ini kami melaksanakan kunjungan kerja ke sana. Disana kami menemukan pelayanan administrasi kependudukan seperti perekaman KTP-el mengalami kendala karena ada kerusakan pada alat-alatnya. Maka dari itu, perlu ada peningkatan sarana untuk meningkatkan pelayanan publik khususnya perihal administrasi kependudukan," tuturnya, Selasa, 26 Juli 2022.

Selain terkendala sarana dan fasilitas, diungkankannya juga ada kendala lain yang dihadapi Disdukcapil Kobar. Yaitu terkait proses upgrade data kependudukan dalam rangka migrasi data ke Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) Terpusat di wilayah kerja Disdukcapil Kobar. Sebab, saat ini tidak tersedia menu laporan yang sesuai dengan kebutuhan pihak terkait.

Meski demikian, pihaknya mengapresiasi langkah atau upaya yang dilakukan Disdukcapil Kobar dalam rangka mencapai target layanan melalui sejumlah strategi.

Seperti meningkatkan sarana dan sumber daya ASN dengan optimalisasi anggaran, jemput bola atau pelayanan keliling yaitu pelayanan pada setiap sekolah serta desa dan kelurahan di Kobar.

Selain itu, disdukcapil Kobar juga menggencarkan sosialisasi serta edukasi kepada masyarakat untuk peningkatan pemahaman melalui sosialisasi, pamplet, baliho, media sosial, yang didukung inovasi melalaui program Silahkan Datang Kami Melayani Kerja Sama Online dengan Desa/Kelurahan (SIDAKAM).

"Namun kami sangat mengharapkan apa yang menjadi kendala pelayanan di sana bisa ditindaklanjuti segera oleh pemerintah daerah, sehingga kedepan layanan kepada masyarakat bisa berjalan lancar," tukasnya. (DONNY D/B-7)

Berita Terbaru