Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kapuas Sampaikan Pelaksanaan Pilkades Serentak ke Dirjen Bina Pemdes Kemendagri

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 27 Juli 2022 - 07:46 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Tahapan pemungutan suara dalan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di 155 desa dari 214 desa yang ada di Kabupaten Kapuas dilaksanakan secara serentak pada Selasa, 26 Juni 2022.

Pemerintah Kabupaten Kapuas bekerjasama dengan unsur forkopimda Kabupaten Kapuas melakukan pemantauan dan menyampaikan laporan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Pemerintahan Desa via zoom meeting.

Wakil Bupati Kapuas H M Nafiah Ibnor yang hadir pada saat itu di Media Center Panitia Pilkades mengatakan bahwa pelaksanaan kegiatan terpantau aman dan lancar. Terlebih persyaratan yang telah diatur dalam Peraturan Dalam Negeri terkait tata cara pemilihan telah dilakukan termasuk dengan protokol kesehatan.

“Pemantauan yang dilakukan, Pilkades sampai dengan saat ini berjalan dengan baik dan lancar dengan tetap menjalankan protokol kesehatan,” kata Wabup kepada Dirjen Bina Pemerintahan Desa.

Sementara itu, Dirjen Bina Pemerintahan Desa Dr Yusharto Huntoyungo mengingatkan agar Pemkab Kapuas khususnya Panitia Pemilihan Kepala Desa, Dinas PMDes Kabupaten Kapuas untuk terus mengawal pemilihan ini dengan tetap menjalankan protokol Kesehatan. Sesuai pedoman Permendagri 72/2020 dan SE Mendagri nomor 141/6698/SJ.

“Terus memperkuat koordinasi dengan Forkopimda untuk tetap menjaga protokol Kesehatan serta kondusifitas dan stabilitas keamanan dan mendorong pemerintah daerah untuk tetap menerapkan protokol Kesehatan 5M dan percepatan vaksinasi,” ucapnya Yusharto.

Kepala Dinas PMD Kabupaten Kapuas, Yan Marto melaporkan pelaksanaan pilkades serentak ini telah sesuai dengan jadwalnya dimulai pada bulan April yang lalu sampai dengan sekarang untuk tahapan persiapan, pencalonan dan pemungutan suara. Secara umum Pilkades ini berjalan aman dan lancar.

“Jumlah TPS dari 155 desa yang melaksanakan pilkades ini yaitu 401, jumlah calonnya sebanyak 529 orang dan 60 persennya adalah petahana,” jelas Yan Marto.

Pada rapat zoom meeting ini juga dilakukan pemantauan secara daring dengan mendengarkan laporan pelaksanaan pemilihan di TPS 01 Desa Pulau Telo Baru yang dilaporkan oleh Pj Kepala Desa Pulau Telo Baru Samugi. (DODI RIZKIANSYAH/B-6)

Berita Terbaru