Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Toba Samosir Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pengembangan Produk Turunan Sawit Diharap Bisa Tingkatkan Kesejahteraan Pekebun

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 27 Juli 2022 - 13:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Divisi UKMK Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) Helmi Muhansyah berharap pengembangan produk berbasis produk sawit bisa meningkatkan kesejahteraan.

“Diharapkan pengembangan produk turunan kelapa sawit khususnya untuk skala UKMK akan semakin meningkat sehingga akan turut meningkatkan permintaan terhadap produk sawit dan pada akhirnya akan berkontribusi pula dalam peningkatan kesejahteraan pekebun-pekebun sawit,” tulis dia dalam rilis yang diterima borneonews.co.id, Rabu, 27 Juli 2022.

Sementara itu, Kepala Pusat Riset Agroindustri BRIN Mulyana Hadipernata menyampaikan Indonesia sebagai salah satu produsen terbesar sawit yang selama ini di ekspor dalam bentuk CPO perlu peningkatan nilai tambah.

Ia menegaskan BRIN mendukung kegiatan terkait riset sawit dan riset yang mendukung aktifitas di Indonesia. Dengan aplikasi coating sawit produk hortikultura akan mendapatkan nilai tambah yang tinggi karena daya simpan akan semakin lama.

“Harapanya kerjasama dengan BPDPKS akan terus meningkat dan memberikan manfaat bagi masyarakat Indonesia,” sebut dia.

Adapun dalam kegiatan pembinaan kerjasama BPDPKS dan BRIN pada 26 Juli sampai 29 Juli 2022 ini mengusung materi pengenalan sawit dan potensi hilirisasi hingga praktek pengaplikasian larutan coating berbasis turunan sawit.

Kegiatan juga akan ada acara ngariung sareng petani millenial dan Gubernur Jawa Barat. Di sana Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil akan berdialog langsung para pengusaha, petani milenial dan eksportir buah.

Sekaligus untuk melihat pameran tentang produk buah unggulan ekspor Jawa Barat serta produk olahan dari petani milenial dan akan menyaksikan langsung proses aplikasi coating buah berbasis sawit. (HERMAWAN DP/B-5)

Berita Terbaru