Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bengkulu Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Disbudpar Kotim: Museum Bukan Sekadar Masa Lalu

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 27 Juli 2022 - 18:31 WIB

BORNEONEWS , Sampit - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kotawaringin Timur, mengenalkan wisata edukasi museum bagi pelajar di Kota Sampit. Disbudpar Kotim ingin menanamkan pemahaman bahwa museum bukan hanya menyimpan benda peninggalan masa lalu. 

"Kami ingin memberikan pengetahuan tentang permuseuman khusus bagi pelajar SMP, agar mereka lebih mengenal apa itu wisata museum," ungkap Kepala Disbudpar Kotim, Ellena Rosie, Rabu, 27 Juli 2022. 

Sementara itu Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Museum Kayu Sampit, Dwi Astuti Wardani menambahkan, pihaknya ingin mengedukasi pelajar bahwa museum bukanlah tempat angker. 

Museum juga bukan sekadar tempat penyimpanan benda-benda masa lalu namun juga sebuah masa depan suatu negara atau kota. 

"Museum bukan hanya masa lalu. Kita tak boleh melupakan masa lalu. Masa lalu penting untuk membenahi untuk masa depan," ujarnya. 

Ke depan, tak hanya pelajar yang menjadi sasaran edukasi wisata museum ini. Namun juga masyarakat secara luas.

"Kalau di luar negeri setiap berkunjung ke suatu daerah atau negara biasanya tempat yang wajib dikunjungi adalah museum. Nah sayangnya di negara kita tidak demikian," katanya. 

Ia pun menyayangkan hal tersebut. Di satu sisi pihak Museum Kayu Sampit juga kurang memberikan informasi ke masyarkat. 

Sebab itu edukasi wisata museum ini diberikan, sehingga pelajar makin sering berkunjung dan membawa keluarganya. Setidaknya pernah berkunjung. 

Museum Kayu Sampit merupakan satu-satunya museum di Kotawaringin Timur. Pengunjung bisa mengenal berbagai macam sisa kekayaan kayu Kotim pada masa lampau. (USAY NOR RAHMAD/B-11)


TAGS:

Berita Terbaru