Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Boven Digoel Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinsos Murung Raya Luncurkan Program Bedah Rumah

  • Oleh Trisno
  • 28 Juli 2022 - 07:40 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Pemerintah Kabupaten Murung Raya (Mura) melalui Dinas Sosial (Dinsos) tahun anggaran 2022 ini telah menganggarkan program peningkatan kualitas tempat tinggal fakir miskin melalui kegiatan bedah rumah.

Perhatian pemerintah daerah terhadap kualitas tempat tinggal fakir miskin ini tidak tanggung-tanggung, sebesar 883 juta rupiah anggaran yang bersumber dari APBD Murung Raya di anggarkan untuk program Rutilahu (Rumah Tinggal Layak Huni. red) dan Sarling (Sarana dan Prasarana Lingkungan. red) ini.

Kepala Dinas Sosial Rusine S Pd melalui Kepala Bidang Penanganan Fakir Miskin H A Rahman S Pd mengatakan program tersebut akan di laksanakan pada 1 kecamatan, 5 kelurahan dan 3 desa sesuai dengan Lampiran Keputusan Bupati Murung Raya nomor 188.45/115/2022 tentang penerima hibah berupa barang atau jasa yang bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja daerah pada Dinas Sosial.

“Sesuai dengan SK Bupati Mura tersebut saat ini perencanaan dan persiapan kegiatan bedah rumah layak huni untuk fakir miskin yang masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) kita,” kata H A Rahman saat di konfirmasi wartawan di ruang kerjanya, belum lama ini.

H A Rahman juga menjelaskan saat ini pemerintah daerah melalui Dinas Sosial terus berupaya untuk memberikan perhatian kepada masyarakat yang termasuk dalam kategori fakir miskin.

Seperti di ketahui saat ini jumlah masyarakat Mura yang masuk dalam kategori tersebut yang tertuang dalam DTKS nasional per Januari 2022 ini berjumlah sedikitnya ada 48.120 keluarga penerima manfaat (KPM).

“Dari data DTKS ini masih cukup besar, namun upaya pemerintah daerah terus di upayakan untuk menekan angka tersebut melalui program dan kegiatan ini,” ujarnya.

Pihaknya juga berharap dukungan seluruh pihak dari tingkat RT, Kepala Desa, Lurah, Camat serta seluruh masyarakat untuk dapat mendorong suksesnya program tersebut. (Trs)

Berita Terbaru