Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Rembang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lurah Panarung Imbau Waspada Cacar Monyet

  • Oleh Hendri
  • 29 Juli 2022 - 17:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Lurah Panarung, Evi Kahayanti menyampaikan kepada masyarakat agar berhati-hati dan waspada apabila ada indikasi terkait penyakit cacar monyet.

"Karena Kelurahan Panarung mencakup bandara yang merupakan gerbang keluar masuk orang. Harapan kami, setiap masyarakat bisa mengantisipasi adanya cacar monyet  meskipun di Indonesia belum terdapat kasusnya," katanya, Jumat, 29 Juli 2022.

Dia mengatakan, sumber penularan cacar monyet 72 persen berasal dari hewan yaitu tikus, monyet dan juga tupai. Sedangkan sebesar 28 persen ditularkan oleh manusia.  

Cacar monyet bergejala demam, sakit kepala berkepanjangan, pembengkakan kelenjar getah bening, sakit punggung, nyeri otot dan lemas, ruam di wajah dan badan. Biasa terjadi pada masa inkubasi 14 sampai dengan 21 hari.

Cara penularan sendiri bisa melalui cairan darah, cairan tubuh dan menyentuh kulit yang luka dan terbuka, untuk cara pencegahan dengan cara menjaga kebersihan, hindari menyentuh hewan pengerat dan primata serta tidak mengonsumsi hewan liar.

Apabila terdapat gejala-gejala tersebut, harap masyarakat bisa melaporkan ke Fasilitas Layanan Kesehatan (Fasyankes) terdekat seperti UPT Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas). (HENDRI/B-7)

Berita Terbaru