Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bengkulu Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Anak TK Diajarkan Cegah dan Tanggulangi Kebakaran

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 31 Juli 2022 - 15:41 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik – Satuan Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Lamandau memberikan edukasi dan sosialisasi bahaya api, serta bagaimana cara pencegahan dan penanggulangan kebakaran.

Pada kegiatan yang digelar di Bundaran Rusa, Nanga Bulik, pada Minggu 31 Juli 2022 itu, sejumlah personel Damkar Kabupaten Lamandau memperkenalkan kepada anak-anak TK penggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR).

Pelaksana Tugas Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Damkar Kabupaten Lamandau, Aprimeno Sadbey mengatakan, kegiatan tertsebut guna memberikan informasi terkait tugas yang dilakukan Damkar saat pemadaman.

“Kita memberi tahu kepada anak-anak tentang apa saja yang ada di kantor pemadam kebakaran,” ucapnya.

Selain memberitahukan mengenai pemadam kebakaran, lanjut Aprimeno, petugas Damkar juga mempraktekkan bagaimana cara kerja menggunakan alat dari peralatan tersebut.

Ia berharap dengan adanya simulasi yang ditampilkan tersebut, anak-anak menjadi tahu tentang fungsi peralatan dan penggunaan alat-alat pemadam kebakaran tersebut.

“Dengan adanya sosialisasi tentang bahaya api, anak menjadi tidak panik ketika menghadapi situasi darurat,” jelas Aprimeno.

Sementara dengan pengenalan profesi Damkar, imbuh dia, anak-anak dapat mengetahui pemadam kebakaran kini tidak hanya menangani kebakaran saja, tapi juga kasus evakuasi.

“Selain anak-anak, ada orang tuanya juga, jadi mereka tahu bagaimana cara mencegah dan menanggulangi kebakaran,” pungkasnya. (HENDI NURFALAH/B-6)

Berita Terbaru