Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Minahasa Utara Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Klinik Bisnis Beberkan Sejumlah Lembaga yang Bisa Dampingi UMKM untuk Berkembang

  • Oleh Testi Priscilla
  • 01 Agustus 2022 - 23:41 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dalam kegiatan Kelas Klinik Bisnis atau KKB Volume 6.1 akhir Juli lalu yang juga merupakan kelas penutupan semester 1 tahun 2022 Klinik Bisnis membeberkan sejumlah lembaga yang bisa mendampingi para pelaku UMKM untuk bisa berkembang.

Koordinator Klinik Bisnis, Muhammad Asary menyebutkan bahwa selain Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang atau KPKNL Pangkalan Bun KPKNL yang bertugas melakukan kegiatan lelang, Kemenkeu satu Pangkalan Bun juga mempunyai unit-unit vertikal lainnya. Seperti Unit Vertikal Bea Cukai, yang mempunyai tugas fungsi khusus.

"Kabar gembira untuk UMKM, dimana saat ini Bea Cukai juga bertugas untuk mendampingi sahabat UMKM agar bisa melakukan ekspor bahkan dengan syarat yang mudah di antaranya memiliki Nomor Induk Berusaha atau NIB, lalu Nomor Pokok Wajib Pajak atau NPWP, serta memiliki Badan Hukum, dan Izin Usaha," kata Asary dalam rilisnya kepada Borneonews, Senin, 1 Agustus 2022.

Kemudian, lanjutnya, unit Pembendaharaan Negara yang memiliki produk pembiayaan ultra mikro. Sesuai Data 64,19 juta UMKM di Indonesia, sebanyak 99 persen UMKM termasuk ultra mikro, artinya omzetnya di bawah 2 miliar per tahun.

Diketahui masih banyak yang kesusahan mengakses perbankan. KPPN hadir sebagai pembendaharaan pusat investasi pemerintah melalui pembiayaan ultra mikro UMI.

"Nilainya cukup lumayan mencapai 30 juta Rupiah dengan syarat yang mudah pula," tuturnya lagi. (TESTI PRISCILLA/B-6)

Berita Terbaru