Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Buton Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sektor Perikanan di Kalteng Dinilai Strategis Perlu Dikembangkan dengan Maksimal

  • Oleh Donny Damara
  • 03 Agustus 2022 - 12:11 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Kalteng, Lohing Simon menilai sektor perikanan di Kalteng sangat strategis, sebab sejumlah daerah di provinsi ini memiliki potensi dan hal itu perlu dikembangkan dengan maksimal.

Terlebih lagi wilayah yang berdekatan langsung dengan sungai atau memiliki aliran sungai, potensi ini harus dapat didukung, sehingga dalam pengembangan sektor perikanan dapat optimal serta bisa memberi dampak positif terhadap daerah dan juga masyarakat.

"Sektor perikanan di sejumlah wilayah di Kalteng ini sangat potensial. Hanya saja, saat ini dukungan dilakukan secara sendiri-sendiri oleh setiap kabupaten, harusnya pemprov melalui instansi terkait juga memaksimalkan dukungan," ujarnya, Rabu, 3 Agustus 2022.

Tidak hanya sektor pertanian yang bisa difokuskan pengembangannya, tapi sektor perikanan juga perlu, mengingat sektor tersebut sama-sama mampu bertahan meski Kalteng dalam 2 tahun terakhir dilanda pandemi dengan peningkatan kasus signifikan.

"Sinergitas juga perlu ditingkatkan dalam upaya pengembangan sektor perikanan ini, baik antara pemprov, kabupaten dan kota, kecamatan, hingga tingkat pemerintahan desa secara bersama mendorong agar melakukan  pengembangan sektor budi daya dan pengembangan ikan di provinsi ini," tuturnya.

Dia berharap perhatian atau dukungan pemerintah terhadap sektor perikanan di Kalteng ini bisa dilakukan secara merata. Sehingga, dapat menciptakan ketahanan pangan daerah bahkan nasional dari sektor perikanan agar provinsi ini tidak selalu bergantung dengan daerah lain.

"Kita melihat ada banyak sudah masyarakat yang mengembangkan sektor perikanan di Kalteng ini, dan itu perlu mendapat dukungan dari pemerintah supaya usaha terswbut bisa berkembang dan dapat juga memenuhi kebutuhan daerah. Akan lebih baik lagi jika kita mampu mendistribusikannya ke luar daerah," tandasnya. (DONNY D)

Berita Terbaru