Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tana Toraja Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sulmin Gumiri Cita-citakan Konsep Botanical Garden Campus

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 03 Agustus 2022 - 16:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Prof Dr Sulmin Gumiri M. Sc menjadi salah satu dari 13 Bakal Calon Rektor Universitas Palangka Raya (UPR) periode 2022-2026.

Sulmin mengaku sangat ingin mewujudkan konsep kampus di dalam kebun raya atau Botanical Garden Campus jika terpilih mengemban amanah jabatan Rektor UPR.

“UPR ini merupakan perguruan tinggi yang punya lahan terluas. Lokasinya di dalam kota. SDM kita juga memadai untuk mewujudkan botanical campus garden ini,” sebut Sulmin baru baru ini.

Dalam konsep Dosen Jurusan Perikanan Fakultas Pertanian (Faperta) UPR itu, Botanical Garden Campus akan menjadikan kawasan pendidikan yang terintegrasi dengan area pengembangan pertanian.

Termasuk juga di dalamnya ada perkebunan, peternakan, fasilitas olahraga (jogging track), guest house, lapangan golf dan berbagai sarana penunjang lainnya.

“Ini akan jadi wahana wisata alam yang bisa dinikmati mahasiswa maupun masyarakat Kota Palangka Raya, bahkan jadi daya tarik pariwisata bagi daerah kita. Tentu akan memberikan dampak ekonomi yang besar bagi masyarakat dan daerah kedepannya,” sebut pria kelahiran Keban Agung, 24 Juli 1965 itu.

Gagasan menghadirkan botanical kampus garden ala UPR ini, lanjut Prof Sulmin, sudah pihaknya sampaikan ke Pemerintah Kota (Pemkot) Palangka Raya, bahkan sejak era Walikota HM Riban Satia hingga walikota sekarang.

“Sambutan Pemkot sangat baik. Kita sepakat bahwa Kota Palangka Raya dan UPR sebenarnya tidak bisa dipisahkan. Kota yang maju akan ikut memajukan UPR, dan majunya UPR juga akan memajukan Kota,” terang alumni Nottingham Forest University (Inggris) dan Hokkaido University (Jepang) ini.

Sedangkan terkait infrastruktur, pihaknya sudah mengajukan e-planning ke Kemendikbud Ristekdikti untuk membangun gedung-gedung modern untuk seluruh fakultas di UPR dengan bangunan berlantai 5 tahun 2022 ini.

“Namun karena pandemi Covid-19 rencana tersebut tertunda dan sekarang diupayakan untuk dilanjutkan kembali,” ungkapnya. (HERMAWAN DP/B-5)

Berita Terbaru