Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sumba Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kasus Covid-19 Alami Peningkatan, Plt Kepala Dinkes Kapuas Imbau Ketat Terapkan Prokes

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 03 Agustus 2022 - 22:41 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Kasus covid-19 di Kabupaten Kapuas dalam beberapa waktu terakhir ini kembali mengalami peningkatan kasus. Berdasarkan data bahwa pertanggal 2 Agustus 2022 terdapat 87 positif covid-19.

Kendati dari 87 kasus itu sebagian besar hanya menjalani isolasi mandiri. Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kapuas dr Tonun Irawaty kembali mengimbau agar tetap ketat dan disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan atau prokes.

"Tanggal 2 Agustus 2022 kita sudah ada 87 kasus, dan peningkatan ini akan tetap meningkat, kalau kita semua tidak perhatikan penerapan prokes. Karenanya kami imbau agar tetap ketat menerapkan prokes," kata Tonun kepada wartawan, Rabu 3 Agustus 2022.

Dia juga mengajak semua pihak agar perlu diwaspadai diantaranya adalah kegiatan yang mengumpulkan orang banyak, setidaknya tetap menerapkan dan memperhatikan prokes.

"Penyumbang tingginya kasus di kita juga ada beberapa yang sedang mendatangi kabupaten kita. Karenanya diharapkan kerjasama semua lintas sektor untuk saling mengingatkan tamu-tamu yang datang. Baik itu mahasiswa sedang praktek, ataupun mungkin tamu dari instansi masing-masing agar tetap menerapkan prokes," pesannya.

Kasus yang tertinggi pada saat ini adalah berada di wilayah Kecamatan Selat. "Tapi untuk kecamatan-kecamatan lain bukan berarti lega bahwa kasusnya lebih kecil. Tapi tetap terapkan prokes," ucapnya.

Ini mendadakan bahwa kasus covid-19 masih belum habis. Oleh karena itu dia kembali mengajak agar saling bersinergi dan mengingatkan bahwa kasus itu ada, dan perlu dicegah penyebarannya dengan menerapkan prokes seperti memakai masker, cuci tangan pakai sabun, menjaga jarak fisik dan lainnya.

"Walaupun kasus ini tidak terlalu berat seperti kasus delta kemarin tapi tetap waspadai. Untuk gejalanya saat ini bervariasi, seperti demam, bafuk pilek, diare, dan muntah-muntah," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-11)

Berita Terbaru