Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Barito Timur Usulkan Pendirian Perguruan Tinggi DAS Barito di Desa Rodok

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 03 Agustus 2022 - 23:41 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Sekda Barito Timur Panahan Moetar mengatakan dirinya mewakili Pemkab Barito Timur mengusulkan pendirian perguruan tinggi daerah aliran sungai atau DAS Barito di Kecamatan Dusun Tengah atau persisnya di Desa Rodok.

"Kebetulan undangan Gubernur Kalteng tanggal 2 Agustus di Muara Teweh saya sendiri yang hadir. Kami rapat kerja antara seluruh sekretaris daerah se-DAS Barito, dan memang ada pemikiran dari gubernur untuk mendirikan universitas di wilayah DAS Barito," ungkapnya saat diwawancarai di sela peringatan Hari Jadi ke-20 Barito Timur, Rabu, 3 Agustus 2022.

Setelah mendengarkan beberapa saran, salah satu alternatif yang disampaikan oleh seorang profesor yang menghadiri rapat tersebut yakni perguruan tinggi yang didirikan berbentuk politeknik dengan alasan setelah tamat pendidikan sudah siap memasuki dunia kerja.

"Nah kita mengusulkan lokasi politeknik tersebut berada di wilayah Kecamatan Dusun Tengah dengan pertimbangan jarak tempuh dari Tamiang Layang 1 jam, dari Buntok Barito Selatan 1 jam, dari Muara Teweh Barito Utara 2 jam dan dari Puruk Cahu Murung Raya sekitar 3,5 jam. Sedangkan kalau ditempatkan di kabupaten lain putra-putri kita bisa lari ke Kalimantan Selatan kuliahnya," jelas Panahan.

Pembahasan terkait pendirian perguruan tinggi DAS Barito masih akan berkembang dan dilakukan studi kelayakan. Namun Sekda memastikan dari sisi tempat pendirian Pemkab Barito Timur telah mengusulkan tempat yang tepat.

"Tahun ini Pemkab Barito Timur sudah mulai melakukan pembebasan lahan dan saat ini masih dalam proses. Kita juga sudah koordinasi dengan BPN dan lain sebagainya untuk tahap pertama kita menyediakan 4,9 hektare, itu juga termasuk untuk rumah sakit," paparnya.

Sedangkan terkait pembiayaan dalam pendirian politeknik tersebut nantinya akan ditanggung bersama oleh Pemprov Kalteng dan pemkab di wilayah DAS Barito dengan melibatkan konsultan dalam perencanaan. (BOLE MALO/B-11)

Berita Terbaru