Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Serdang Bedagai Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Dukung Pembentukan Kodim di Kabupaten Gunung Mas

  • Oleh Riska Yulyana
  • 04 Agustus 2022 - 19:20 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Wakil Bupati Gunung Mas, Efrensia L.P Umbing menyambut baik kedatangan tim Markas Besar (Mabes) Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat (AD) ke Kabupaten Gunung Mas yang dilaksanakan pada Rabu, 3 Agustus 2022 siang.

Kedatangan tim mabes TNI AD tersebut untuk meninjau dan mengevaluasi kesiapan sarana dan prasarana dalam pembentukan Komando Distrik Militer (kodim) setempat.

"Kemarin kami telah menyambut baik kedatangan tim Mabes TNI AD yang meninjau dan mengevaluasi kesiapan sarana dan prasarana dalam pembentukan kodim," ucap Wakil Bupati Gumas Efrensia LP Umbing, Kamis, 4 Agustus 2022.

Dia mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gumas mendukung pembentukan tersebut. Bahkan, pemkab telah menyiapkan lahan seluas 2,1 hektare untuk wilayah perkantoran dan bangunan seluas 959 meter persegi untuk kantor kodim. Selain itu, juga akan membangun tujuh rumah dinas.

Lebih lanjut, ada satu rumah dinas yang sudah dibangun, dua rumah dinas dalam proses pembangunan yang akan selesai pada November 2022. Sisanya, empat rumah dinas akan segera dipenuhi.

Melalui pertemuan tersebut, akan diketahui informasi dari tim mabes TNI AD terkait apa saja yang perlu dipenuhi, sehingga bisa segera terbentuk kodim di Bumi Habangkalan Penyang Karuhei Tatau ini.

"Tujuan utama kunjungan tim mabes TNI AD ini untuk melihat progres secara detail persiapan pembentukan kodim. Pada prinsipnya, kami siap untuk melengkapi persyaratan yang diperlukan," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Tim Mabes TNI AD Kolonel Arh Rudi Ragil Sang Putra menambahkan, ada beberapa aspek yang ditinjau dalam kunjungan ini, yakni lokasi dan administrasi lahan, kesiapan pangkalan dan materiel, ketersediaan fasilitas sosial dan fasilitas umum, dukungan pemkab, serta faktor lain terkait rencana satuan baru tersebut.

"Kami juga mengecek kesiapan atau progres secara riil yang ada di lapangan, untuk dilaporkan ke KSAD," pungkasnya.

Dalam pertemuan itu, wakil bupati didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Yansiterson, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dan tokoh masyarakat. (RISKA YULYANA/B-7)

Berita Terbaru