Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Dharmasraya Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Waspada! Penipuan Modus Permintaan Dana untuk Berobat Santri di Pesantren

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 05 Agustus 2022 - 14:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pengurus Pondok Pesantresn (Ponpes) Tahfidzul Qur'an Darul AL-Hikmah Pangkalan Bun meminta masyarakat agar waspada dan tidak mempercayai jika ada orang menelepon dan meminta sejumlah uang yang mengatasnamakan ponpesnya.

Pasalnya, baru saja Ponpes yang berada di jalan Jendral Sudirman, Gang Sarman RT 15, Kelurahan Sidorejo, Kecamatan Arut Selatan tersebut, digunakannya namanya untuk modus penipuan, dengan cara mengabari wali santri atau murid dan meminta sejumlah uang untuk pengobatan anaknya, karena alami kecelakaan.

"Modusnya, pelaku ini menelfon wali santri dan mengabari jika anaknya yang berada di Ponpes kami mengalami kecelakaan dan belum sadar. Sehingga sangat urgent dan segera harus dilakukan penanganan, sehingga perlu uang cepat," kata Sutrisno pengurus Ponpes Darul AL-Hikmah Pangkalan Bun, Jumat, 5 Juli 2022.

Lebih lanjut, Sutrisno mengungkapkan jika pelaku ini tidak mengaku sebagai pengurus ponpes, tetapi sebagai pemberi kabar terkait kecelakaan dan meminta sejumlah uang untuk pengobatan.

Atas peristiwa tersebut, sudah ada wali santri yang menjadi Korban. Dimana, wali santri mengirimkan sejumlah uang melalui transfer kepada pelaku, tanpa konfirmasi terlebih dahulu ke pengurus Ponpes.

"Kasihan mas, sudah ada yang jadi korban kirim uang atau transfer langsung Rp 5 juta," tuturnya.

Nomor pelaku tersebut ada 2 nomor, saat dicek ternyata nomor tersebut berada di luar pulau Kalimantan Tengah. Atas peristiwa tersebut pihaknya sudah melaporkan ke pihak kepolisian.

"Kejadian ini sudah kami laporkan ke polisi, dan semoga segera dapat diungkap," imbuhnya.

Dalam kesempatan ini, Sutrisno mengimbau kepada wali santri dan masyarakat Pangkalan Bun, dan sekitarnya agar jangan mudah percaya, jika ada orang tak dikenal menghubungi serta mengatasnamakan Ponpes Darul AL-Hikmah Pangkalan Bun. Apalagi sampai meminta bantuan dan sejumlah uang.

"Pastikan ke kami, jika ada hal - hal yang mencurigakan mengatasnamakan Ponpes kami," tegas Sutrisno. (DANANG/B-5)

Berita Terbaru