Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kolaka Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Literasi Digital Cegah Radikalisme dan Terorisme

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 06 Agustus 2022 - 11:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Literasi digital dinilai memiliki banyak peran penting, terutama dalam pencegahan radikalisme dan terorisme.

“Salah satu cara mencegah radikalisme dan terorisme adalah dengan meningkatkan literasi digital,” kata Ketua Forum Komunikasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Provinsi Kalteng Khairil Anwar saat ToT moderasi beragama seperti dikutip dati laman resmi Setda Kalteng, baru baru ini.

Peningkatan literasi digital tersebut dapat ditempuh dengan meningkatkan moderasi beragama untuk anak-anak generasi milenial Generasi Z.

“Kemajuan teknologi harus disikapi dengan peningkatan wawasan beragama, menghargai kearifan lokal dan kearifan nasional. Kearifan lokal dalam bentuk Rumah Betang dan Pancasila sebagai kearifan nasional,” kata Khairil Anwar.

Ia mengajak para pendidik mengajak anak-anak mengikuti lomba video pendek sosiodrama moderasi beragama karena lewat video kita lebih mudah memahami Pancasila.

Adapun kegiatan ToT Moderasi Beragama FKPT diikuti oleh para kepala sekolah, guru mata pelajaran, guru Bimbingan Konseling pada tingkat pendidikan sebanyak 100 orang dan menghadirkan narasumber dari pusat dan daerah. (HERMAWAN DP/B-5)

Berita Terbaru